Pelaksanaan Festival Inerie Tahun 2019 merupakan kegiatan untuk meningkatkan peran aktif masyarakat terutama komunitas-komunitas budaya dalam melestarikan, mengembangkan dan memanfaatkan seni budaya yang lebih kreatif, inovatif dan profesional.

Penjabat Sekda Ngada, Hironimus Reba Watu, menegaskan bahwa suksesnya kegiatan ini ditunjang oleh kerjasama semua Stakeholder dan Instansi-instansi baik yang Vertikal maupun Horizontal yang ada di Kabupaten Ngada. Dalam pertemuan pemantapan Panitia Festival tersebut Reba Watu menambahkan bahwa dari 20 Kabupaten penyelenggara Festival Nasional, Kabupaten Ngada termasuk sebagai penyelenggara festival nasional yang bertajuk Festival Inerie.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Ngada, Martinus M.R.Maghi mengatakan, Festival Ineria akan di gelar selama 10 hari terhitung sejak tanggal 02 sampai dengan 10 Juli 2019. Ada serangkaian kegiatan yang akan dilakukan dalam 10 hari tersebut antara lain, Workshop Tenun Ikat pada tanggal 02 -06 Juli 2019 di aula Hotel Edelweis Bajawa, Workshop Bambu pada tanggal 04 – 06 Juli 2019 yang bertempat di Kampung Tradisional Wogo, Bedah Buku pada tanggal 05 Juli 2019 bertempat di Hotel Virgo Bajawa yang akan menyajikan materi buku diantaranya, Puju Kuwi Na’a Pia, Loka Lanu dan Pandangan orang Ngada tentang Suanggi, Dialog Budaya pada tanggal 06 Juli 2019 di Aula Setda Ngada, Pameran tenun Ikat pada tanggal 07-09 Juli 2019 di Lapangan Kartini Bajawa, Karnaval Keragaman Budaya Nusantara pada tanggal 08 Juli 2019 di Lapangan Kartini Bajawa, Temu Kopi pada tanggal 08 Juli 2019 di Desa Rakalaba, dan pada tanggal 09-10 Juli akan diadakan Ka Sa’o yang bertempat di Kampung Tololela. Todis Re’o juga menghimbau kepada peserta karnaval dari lingkup Pemda Ngada untuk bisa mengenakan busana Daerah Bajawa sesuai ketentuan sedangkan masyarakat yang berpartisipasi dalam menyaksikan karnaval tersebut bisa mengenakan Lawo dan Sapu saja.

Pimpinan rapat, Penjabat Setda Ngada dan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Ngada.

Dalam pertemuan tersebut,hadir para Kepala Dinas se-Kabupaten Ngada mengingat Panitia pendukung penyelenggara Festival Inerie dalam kegiatan promosi Pariwisata di dalam dan di luar Negeri pada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Ngada Tahun 2019 melibatkan seluruh Instansi terkait Se-Kabupaten Ngada.

Categories: Berita

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terimakasih sudah mengunjungi website Kabupaten Ngada