Ngada

27 PASKIBRAKA NGADA SIAP BERTUGAS

Bagikan

27 orang anggota Paskibraka Kabupaten Ngada Tahun 2021, siap melaksanakan tugas pada apel peringatan HUT RI tingkat Kabupaten Ngada, di Stadion Lebijaga. Sebelumnya, Tim Paskibraka ini melakukan rapid test sebelum memasuki masa karantina.Paskibraka merupakan agenda wajib secara nasional dalam menyambut hari ulang tahun Kemerdekaan RI yang jatuh pada tanggal 17 Agustus. Seleksi Paskibraka sudah dilakukan sejak bulan April dan Mei 2021 yakni seleksi di tingkat Kecamatan.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Bidang Olahraga, Yani Djawa saat ditemui di sela-sela kesibukan melatih calon paskibraka di Lapangan Stadion Lebijaga, Jumad, (13/08/2021). Yani mengatakan bahwa calon paskibraka melakukan rapid test sebelum di karantina di Hotel Korina. Hasilnya ada satu orang paskibraka yang positif Covid-19 dan sudah dipulangkan.

Seleksi ini dilakukan berdasarkan Permenpora Nomor 65 Tahun 2015 tentang Penyelenggaraan Seleksi Paskibraka. Seleksi paskibraka dilakukan melalui dua tahap yakni seleksi tingkat kecamatan dan seleksi tingkat kabupaten.

Pada tahap awal seleksi di tingkat kecamatan diperoleh 84 orang calon anggota paskibraka yang tersebar di 26 sekolah di Kabupaten Ngada. Akan tetapi pada tahap kedua di tingkat kabupaten yang terjadi pada 5 Agustus lalu diperoleh 27 orang calon paskibraka yakni 20 orang laki-laki dan 7 orang perempuan.

Menanggapi hal tersebut, Yani Djawa menyampaikan permohonan maaf atas nama Pemerintah Kabupaten Ngada dan Dinas Kepemudaan dan Olahraga yang sedianya mengakomodir 73 orang calon anggota paskibraka, namun karena pandemi dan dikeluarkannya surat edaran yang menyatakan bahwa peringatan HUT RI di tingkat Kabupaten disesuaikan lagi.

Atas dasar surat edaran tersebut maka keputusan tim seleksi hanya mengakomodir siswa calon paskibraka yang berasal dari lima sekolah di dalam Kecamatan Bajawa yakni SMA Negeri 1 Bajawa, SMAK Regina Pacis, SMA Negeri 2 Bajawa, SMA PGRI Bajawa, dan SMK Sanjaya Bajawa.

Kedua puluh tujuh calon paskibraka sejak tanggal delapan Agustus lalu sudah mulai melakukan latihan fisik, latihan baris-berbaris (PBB), formasi pengibaran dan penurunan bendera dan pemberian materi diklat dari Kapolres Ngada, Dinas Kepemudaan dan Olahraga dan Kesbangpol.

Untuk ketiga pengibar Bendera Merah Putih pada saat tanggal 17 Agustus nanti dilakukan oleh Hugo M. P. Mole, Johanes S. Redo dan Aleksander Tipo. Sedangkan yang bertugas pembawa baki atas nama Falentina Naru dan Maria C. Bhebhe (Ketty Siba).

Terimakasih sudah mengunjungi website Kabupaten Ngada