Desa Batajawa, Jerebuu – Desa diharapkan menjadi mandiri secara sosial, budaya, ekonomi, bahkan politik. Kini Desa memiliki otonomi dan kewenangan dalam perencanaan, pelayanan publik, dan keuangan. Maka Desa bukan lagi penunggu instruksi dari supra desa (Kecamatan, Kabupaten, Propinsi, dan Pusat). Terlebih dengan bergulirnya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yang secara perlahan tetapi pasti akan mempengaruhi roda pembangunan di Desa. Hal ini merupakan tujuan dari Undang – Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa.

Menyikapi tujuan dari UU Nomor 6 Tahun 2014 ini, warga masyarakat Desa Batajawa, Kecamatan Jerebuu, Kabupaten Ngada membentuk dan mendirikan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Batajawa, Pada Tahun 2016, dengan Modal Awal Rp. 20.000.000 yang di alokasikan dari Dana Desa Tahun anggaran 2016, yang pada saat pendiriaannya hanya memiliki satu Unit Usaha yakni Pemasaran Hasil Bersama, seiring berjalannya waktu hingga Awal tahun 2019 BUMDES Batajawa sudah mempunyai Empat Unit Usaha ( Unit Perkreditan, Unit Pemasaran Bersama, Unit Jasa Sewa dan Unit PAMDes) serta Memiliki Omset  ± Rp. 800.000.000,-

Hal inilah yang mendorong Pemerintah Desa Batajawa dan Warga Masyarakat Desa Batajawa, untuk mengembangkan usaha Pemeliharaan Babi. Sesuai dengan hasil Bursa Inovasi Desa Tahun 2018, Pemerintah Desa Batajawa Berkomitmen Untuk Mengadakan Anakan Babi, yang sedianya di alokasikan dari Dana Desa, namu berdasarkan hasil Musyawarah Bumdes, kemudian Pemerintah Desa dan BUMDES Batajawa bersepakat untuk mengalokasikan Anggaran Dari Sisa Hasil Usaha Bumdes Tahun 2016-2018 untuk Pembelian anakan Babi Tahap I bagi 68 Kepala Keluarga dari 108 Kepala Keluarga yang berada di Desa Batajawa, masing masing Kepala Keluarga Mendapatkan Alokasi Anggaran Sebesar Rp. 3.000.000,- yang sesuai dengan Kontrak Pinjaman, akan dikembalikan ke Unit Perkreditan Pada Bulan Ke 12 ( Desember) sebesar Pokok + Bunga 1 %.

Badan Usaha Milik Desa Batajawa ini diharapkan akan tetap menjadi Lokomotif pembangunan didesa, mari membangun Indonesia DariDesa. Salam BUMDES.

Kontributor :Robby Watu,Sekretaris Desa Batajawa  ( Badan Pengawas BUMDES Batajawa )
Categories: Berita

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terimakasih sudah mengunjungi website Kabupaten Ngada