Ngada

50 Unit Traktor Roda Dua dan 6 Unit Traktor Roda Empat Diinspeksi Bupati Ngada

Bagikan

Ngada- Dalam rangka melakukan peningkatan produksi pertanian dan mengejar musim tanam di akhir tahun, Bupati Ngada Paru Andreas lakukan Inspeksi Alat Mesin Pertanian (Alsintan). Kegiatan tersebut dilaksanakan di Lapangan Kartini Jumat, 3/12/2021.

Alsintan tersebut terdiri dari 6 unit traktor roda empat dan 50 unit traktor roda dua. Hadir pada saat itu Bupati Ngada, Asisten 3 Setda Ngada, Pimpinan Perangkat Daerah dan seluruh Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) se-Kabupaten Ngada.

Bupati Ngada Paru Andreas, dalam arahannya menyampaikan pengecekan Alsintan tersebut dilakukan secepatnya dikarenakan harus mengejar musim tanam. Ia juga mengatakan setelah dilakukan inspeksi, Alsintan tersebut akan langsung diturunkan ke desa-desa.

“Kita cek kesiapan Alsintan ini untuk peningkatan produksi pertanian kita, dan semua Alsintan ini baru saja datang, dan kenapa saya percepat pemeriksaan, karena kita mengejar musim tanam. Lalu kita juga harus segera menyerahkan Alsintan ke desa. Besok akan ada penanaman perdana di Zeu untuk kebun jagung. Ini akan menjadi kebun contoh untuk yang lain,” jelasnya.

Selain itu, Paru Andreas juga menyampaikan Alsintan tersebut akan rutin dilakukan pengecekan serta pemeliharaan dari pihak pabrik setiap 3 bulan sekali. Hal ini dilakukan agar Alsintan dapat digunakan dalam jangka waktu lama. Ia juga berharap para PPL dapat terus mendampingi para petani agar tidak menggunakan pola-pola lama tradisional yang menghambat produktivitas pertanian.

“Untuk teman-teman PPL yang menjadi ujung tombak di lapangan, program TNP ini ada dipundak kalian. Saya harap pola tradisional yang selama ini dari tahun ke tahun belum ada perubahan, dengan adanya Alsintan ini kita bisa memutuskan mata rantainya dan menuju pertanian yang lebih produktif”, pungkasnya.

Setelah selesai melakukan inspeksi, Bupati Ngada bersama seluruh peserta kegiatan melakukan konvoi Alsintan dari Lapangan Kartini sampai di Kantor Bupati Ngada.

(Lian)

Don`t copy text!