Menjelang hari Peringatan HUT Kemerdekaan RI yang ke – 74, berbagai persiapan dilaksanakan mulai dari gelaran perlombaan hingga puncak perayaan tanggal 17 Agustus. HUT Kemerdekaan tingkat Kabupaten Ngada, diwarnai dengan dimulainya pemasangan umbul – umbul, perlombaan antar Desa dan Kecamatan serta persiapan pelatihan Pasukan Pengibar Bendera atau Paskibraka.

Berjumlah 70 orang anggota Paskibraka tingkat Kabupaten Ngada, akan bertugas menaikan dan menurunkan sang saka merah putih pada 17 Agustus mendatang. Paskibraka ini terdiri atas pelajar dari 22 SMU/SMK se kabupaten Ngada, yang terpilih melalui proses seleksi pada awal bulan Maret lalu. Penjaringan di tingkat sekolah kemudian berlanjut pada seleksi tingkat kabupaten, yang dilaksanakan bulan Mei 2019. Seleksi ini didasarkan pada Peraturan Menteri Pemuda dan Olahraga RI  Nomo 0065 tahun 2015 tentang Penyelenggaraan Kegiatan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka

Sesi latihan Paskibraka di lapangan Kartini Bajawa

Selama menjalani sesi latihan satu bulan penuh, anggota Paskibraka ini diasramakan di Hotel Korina yang diawasi oleh pelatih dan pendamping dari Dinas Kepemudaan dan Olahraga Ngada.

Kepada media ini, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Ngada, Fransiskus Wogha menjelaskan “ Untuk menyiapkan dan melatih 70 anggota Paskibraka ini, kami mendatangkan 4 orang pelatih dari Polres Ngada juga Sekertaris Dinas Kepemudaan dan Olahraga, Kabid Kepemudaan, Kabid Olahraga dan Kepala seksi Kepemudaan. Selain pembekalan fisik, juga ada pembekalan materi dalam ceramah oleh saya sendiri selaku Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, Kapolres Ngada dan Dandim 1625 Ngada.. Latihan sudah dimulai sejak tanggal 28 Juli, dilakukan setiap hari, pagi dan sore di lapangan Kartini bajawa. Anggota Paskibraka ini akan bertugas hingga tanggal 18 Agustus 2019,” . Lanjutnya, selain persiapan fisik dan latihan, seragam dan atribut yang akan digunakan oleh Paskibraka Ngada, sudah dilakukan pengukuran dan pemesanan di Bandung, sehingga diharapkan akan siap sebelum hari – H.

Ketika dikonfirmasi terkait Paskibraka utusan Ngada ke tingkat Provinsi, Kadis Fransiskus mengatakan  ada dua putra/putri terbaik Ngada yang dikirim untuk bertugas sebagai pasukan pengibar bendera di Provinsi. Keduanya atas nama Lukas R. Ngari dari SMAN 1 Turekisa- Golewa Barat dan Anastasia Du’e dari SMAN I Inerie, yang lolos mengikuti seleksi pada bulan Mei dan berangkat ke kupang untuk menjalani sesi latihan tanggal 22 Juli lalu. Seleksi untuk Paskibraka Provinsi ini dilakukan secara ketat oleh pelatih dari Provinsi.

“Kita semua berharap, agar latihan berjalan baik, anak-anak fisiknya selalu sehat dan terjaga, supaya nanti saat bertugas, dapat menjalankan amanah ini dengan lancar dan aman,” demikian harapan Kadis Fransiskus.

Sementara itu, salah satu pelatih Paskibraka, yang ditemui saat sesi latihan mengatakan, tahun ini Paskibraka Ngada akan tampil beda dengan formasi baru. Formasi baru ini dinamakan formasi ” Apel”. Seperti apa bentuknya, akan masyarakat saksikan langsung pada apel Kemerdekaan, tanggal 17 Agustus 2019 mendatang.

Categories: Berita

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terimakasih sudah mengunjungi website Kabupaten Ngada