Sebanyak 8 orang mahasiswa Universitas Princeton dari New Jersey, AS, live in di Langa selama satu minggu, sejak tanggal 25 April sampai 1 Mei 2019.

Kegiatan ini merupakan program beasiswa tahunan dari Universitas, bagi mahasiswa baru yang mendaftar. Setelah melalui seleksi yang cukup panjang, 40 peserta terbaik akan mendapatkan beasiswa untuk berkunjung ke 5 negara diantaranya Bolivia,  India,  China,  Senegal dan Indonesia.  Setiap negara akan dikunjungi 8 orang mahasiswa.

Menurut instruktur Princeton, Sani Widowati mengatakan bahwa delapan mahasiswa ini akan tinggal di Indonesia selama sembilan bulan.

” Selama di Indonesia mereka belajar tentang Budaya,  Bahasa,  Agama dan kebiasaan masyarakat di setiap pulau yang mereka datangi,” katanya.

Dan untuk di Jogja mereka menjadi relawan dan magang di beberapa LSM. Sedangkan di Langa,  secara khusus belajar tentang keberagaman, Bahasa,  Adat dan Budaya.

“Kalau untuk di Langa ini merupakan kunjungan yang ditangani langsung oleh mahasiswa.  Mereka memilih Langa karena sebelumnya mereka mendapat banyak informasi tentang Langa dan komunitas” kata Sani.

Sementara itu,  salah satu pengurus Langa Trekking Community Mertin Lusi mengatakan sangat bangga menjadi orang Langa dan bangga dikunjungi mahasiswa dari kampus Princeton.

” Saya bangga menjadi orang Langa, karena Langa sangat unik, sehingga ada banyak pengunjung dari berbagai negara yang penasaran dengan Langa.  Untuk kali ini merupakan hal yang luar biasa karena bisa bertemu dengan mahasiswa terbaik dari Princeton.

Untuk di ketahui Unversitas Princeton merupakan salah satu kampus bergengsi dan berprestasi di dunia dan masuk dalam sekolah Ivy League.

Ivy League adalah asosiasi yang terdiri dari 8 universitas di amerika serikat.
Istilah “Ivy League” mempunyai konotasi kesempurnaan akademis dan elitisme akademis. Anggotanya juga sering disebut Ancient Eight (Delapan Sekolah Lama).
Sekolah Ivy League dianggap sebagai institusi pendidikan tinggi yang paling dicari di seluruh dunia.
Ke-8 sekolah swasta Northeast ini terkenal karena proses penerimaannya yang sangat selektif, keunggulan akademik, dan peluang karier yang menjanjikan.

( foto : Mahasiswa membantu komunitas Langa Treeking Comunity untuk English Class bersama anak anak)

Categories: Berita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *