ANGGARAN BANTUAN LISTRIK GRATIS BAGI KEPALA KELUARGA MISKIN

Published by Administrator on

Bajawa – Pemerintah Kabupaten Ngada melalui Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman Dan Pertanahan Kabupaten Ngada, telah menyiapkan sejumlah anggaran untuk kegiatan penyediaan sarana dan prasarana penerangan perumahan di tahun 2018.

Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman Dan Pertanahan Kabupaten Ngada, Patrisius Kila kepada Tim Media Ngada di ruang kerjanya kamis, 22 februari 2018 mengatakan bahwa, Pemerintah Kabupaten Ngada seoptimal mungkin melakukan pemerataan pembangunan, seturut tiga program unggulan Bupati Ngada yakni zala siro saro, dara rilo ralo dan wae gebho gabho. Menjawab kebutuhan masyarakat akan dara rilo ralo atau kebutuhan penerangan listrik, melalui Dinas Perumahan Rakyat saat ini, telah dialokasikan dana sebesar 2 milyar, 659 juta rupiah lebih, yang akan digunakan untuk pemasangan listrik bagi masyarakat Ngada yang belum teraliri listrik dirumah.

Menurut Erik Kila, program pemasangan listrik gratis ini diperuntukan bagi kurang lebih 450 kepala keluarga miskin, yang belum memiliki listrik dan tersebar di Kabupaten Ngada. Kepala keluarga miskin penerima bantuan listrik gratis ini adalah KK miskin yang sudah terdata di kementrian sosial atau berdasarkan data KK miskin dari Dinas Sosial Kabupaten Ngada.

Selain itu, syarat lainnya bagi KK miskin penerima bantuan listrik gratis dari pemerintah ini adalah, KK miskin yang berada pada wilayah desa yang telah memiliki jaringan listrik dari PLN, dan jarak dari tiang listrik ke rumah penerima bantuan maksimal 30 meter. Bagi desa atau wilayah yang belum memiliki jaringan dari PLN, pemerintah akan tetap mendata dan berkoordinasi dengan PLN untuk segera menyediakan atau memasang jaringan listrik, agar bantuan listrik gratis bagi masyarakat ini akan tetap diprogramkan pada tahun-tahun berikutnya.

Kepala Dinas Perumahan, Erik Kila menambahkan bahwa kegiatan pemasangan listrik gratis bagi 450 Kepala Keluarga miskin di Ngada yang menelan anggaran 2 milyar rupiah lebih, akan dikerjakan oleh pihak ketiga atau ditenderkan. Saat ini pihaknya sedang menyiapkan berbagai hal untuk proses tender. Sementara bagi masyarakat penerima bantuan listrik gratis ini, Erik Kila menegaskan tidak hanya akan menikmati layanan pemasangan instalasi gratis, namun pemerintah akan menyediakan juga layanan hingga terang dimana tiap KK miskin akan difasilitasi berupa 4 bola mata lampu setiap rumah.

(newssource:Merlyn)

(photosource:Google)

 

Categories: Berita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *