Aplikasi Lapor Solusi Bagi Masyarakat Akan Tuntutan Pelayanan Publik

Dipublikasikan oleh Merlyn Idju Lalu pada

Menjawab kebutuhan informasi dan pemenuhan tuntutan layanan publik masyarakat Ngada, saat ini pemerintah telah menyediakan aplikasi www.lapor.go.id. Aplikasi ini memudahkan masyarakat untuk melaporkan masalah pelayanan publik di semua lini pemerintahan dari Instansi Perangkat Daerah hingga Kecamatan.Tiap instansi telah menyiapkan admin khusus untuk mengecek setiap pengaduan dan selanjutnya berkoordinasi untuk sesegera mungkin memberikan solusi dalam rentang 5 hari kerja.

Kabag Organisasi Setda Ngada, ALEKSANDRINUS S. RABHA, S.AP.,M.A.P dalam kegiatan pembekalan kepada Admin www.lapor.go.id dari semua OPD dan Kecamatan menjelaskan bahwa layanan Aspirasi dan Pengaduan Rakyat secara online ini adalah media resmi yang diluncurkan pemerintah pusat hingga ke daerah agar dapat memberikan wadah bagi masyarakat untuk melakukan pengaduan terhadap pelayanan pemerintahan. Sehingga pemerintah akan memberikan respon dan tindak lanjut terhadap pengaduan masyarakat.Pengaduan atau kritkan yang disampaikan diluar media/aplikasi resmi ini tentu saja tidak akan direspon oleh Pemerintah.Untuk itu, diharapkan semua instansi bersiap secara teknis dan data untuk mengecek setiap hari pengaduan yang masuk dari masyarakat dan segera mungkin ditindaklanjuti. Masyarakat diharapkan dapat memanfaatkan aplikasi ini untuk memudahkan pemenuhan kebutuhan akan informasi publik serta pelayanan pemerintahan.

Adapun masyarakat dapat menggunakan layanan ini untuk menyampaikan Pengaduan, Aspirasi dan Permintaan Informasi langsung ke instansi pemerintah berwenang, dengan menyertakan mengisi format secara online berupa isi laporan, narasi/ gambaran pengaduan, waktu kejadian, Instansi tujuan laporan. Pemerintah tentu saja menjamin kerahasiaan laporan maupun identitas pelapor, sehingga memberi kebebasan berpendapat bagi masyarakat.

Saat ini aplikasi www.lapor.go.id telah terhubung dengan 34 Kementerian, 96 Lembaga, dan 493 Pemerintah daerah di Indonesia termasuk Pemerintah Kabupaten Ngada.

Kegiatan pembekalan bagi admin www.lapor.go.id dan Survey Kepuasan Masyarakat atau SKM berlangsung di ruang rapat Sekda Ngada,dipimpin langsung oleh Kabag Organisasi Setda Ngada pada Rabu, 2 Juli 2025.

Kategori: Berita

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You cannot copy content of this page

error: Content is protected !!
id_IDIndonesian