Revisi Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Ngada merupakan rekomendasi dari proses peninjauan kembali yang hasilnya adalah revisi RTRW lama dengan pencabutan, selanjutnya dilakukan penyusunan RTRW Ngada yang baru.

Kegiatan yang berupa presentasi draft laporan akhir revisi RTRW Kabupaten Ngada tahun 2019 diselenggarakan oleh Badan Perencanaan dan Penelitian Pengembangan (BP-LitBang) Ngada yang bekerjasama dengan Pusat Studi Perencanaan Pembangunan Universitas Gadjah Mada (PSPPR-UGM) Yogyakarta diadakan di aula BP-Litbang Ngada pada Jumat, 12 Juli 2019. Kegiatan ini merupakan tindak lanjut implementasi dari rekomendasi Keputusan Bupati Ngada Nomor 251/KEP/HK/2018 tentang Rekomendasi Hasil Pelaksanaan Peninjauan Kembali RTRW Kabupaten Ngada tahun 2012-2032.

Bupati Ngada, Paulus Soliwoa dalam sambutan menyampaikan bahwa ia hanya punya satu harapan bahwa kebijakan penataan ruang wilayah Kabupaten Ngada tidak mengabaikan dari aspek Kelautan mengingat banyak potensi di daerah pesisir pantie Kabupaten Ngada yang memiliki banyak potensi untuk dikembangkan. Selain itu, dalam kesempatan yang sama M. Sani Roychansyah sangat berterimakasih ke Pemda Kabupaten Ngada yang mau bekerja sama dengan PSPPR Universitas Gadjah Mada Yogyakarta dan ia berharap pemikiran-pemikiran dari dunia pendidikan bisa berkolaborasi dengan baik bersama pemikiran-pemikiran Birokrasi yang akan di tuangkan dalam dokumen materi teknis.

Bupati Ngada (tengah), Sekda Ngada dan Ketua PSPPR Universitas Gadjah Mada Yogyakarta saat mendengarkan laporan Ketua panitia kegiatan.

Maksud dari kegiatan Revisi Perda Nomor 3 tahun 2012 RTRW Kabupaten Ngada Tahun 2012-2032 adalah untuk menyediakan dokumen pendukung (kajian teknis) dalam rangka penetapan Peraturan Daerah (Perda) tentang RTRW Kabupaten Ngada hasil revisi. Sedangkan tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kualitas pemanfaatan ruang, mengurangi konflik pemanfaan ruang dan meningkatkan pengendalian pemanfaatan ruang dalam rangka : 1. Terselenggaranya pengaturan pemanfaatan ruang sesuai dengan daya dukung dan daya tampung yang berdaya guna dan berhasil guna. 2. Peningkatan nilai ruang yang proporsional. 3. Pencegahan benturan kepentingan pemanfaatan ruang. 4. Tercapainya kualitad ruang yang aman, nyaman, produktif dan berkelanjutan. 5. Tercapainya pengendalian pemanfaatan ruang.

Peserta kegiatan presentasi draft laporan akhir revisi RTRW Ngada 2019 -2032.

Kegiatan yang dibuka oleh Bupati Ngada, Drs Paulus Soliwoa yang di dampingi oleh Sekda Ngada, Theodosius Y. Nono, S. Sos, di hadiri oleh 57 orang yang terdiri dari Pimpinan SKPD se-Kabupaten Ngada, para camat se-Kabupaten Ngada, Kepala kantor Department Agama Kabupaten Ngada, Kepala BPS, Kepala UPT KPH wilayah Kabupaten Ngada, Pastor Paroki St. Yosef Bajawa dan Pastor Paroki MBC Bajawa.

Narasumber kegiatan presentasi draft laporan akhir revisi RTRW Kabupaten Ngada adalah tim PSPPR Universitas Gadjah Mada Yogyakarta yang di ketuai oleh M. Sanity Roychansyah, ST, M. Eng,. D. Eng (Ahli Perencanaan Wilayah) dan BP-Litbang Kabupaten Ngada.

Categories: Berita

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terimakasih sudah mengunjungi website Kabupaten Ngada