Sosialiasi sensus penduduk digelar oleh BPS Kabupaten Ngada pada Rabu, 7 Agustus 2019 di hotel Korina Bajawa. Kegiatan sosialiasi ini dilakukan bersamaan dgn FGD pembahasan data publikasi Kabupaten Ngada dalam angka 2019.

Kasie Statistik Sosial pada BPS Kabupaten Ngada, Etelvino Lopes Mau dalam pemberian materi sosialiasi sensus penduduk 2020 menyampaikan bahwa sensus penduduk adalah penghitungan jumlah seluruh penduduk, baik WNI maupun WNA yang dilakukan oleh pemerintah dalam jangka waktu tertentu, dilakukan secara serentak dan bersifat menyeluruh dalam batas wilayah NKRI. Tujuan Sensus Penduduk 2020 adalah menyediakan data, jumlah, komposisi, distribusi, dan karakteristik penduduk Indonesia menuju satu data kependudukan Indonesia.

Kasie Statistik Sosial BPS Kabupaten Ngada, saat memberikan sosialiasi sensus penduduk 2020.

Sensus penduduk 2020 merupakan, sensus ke -7 yang mana sensus penduduk sebelumnya dilakukan pada tahun 1961, 1971, 1980, 1990, 2000 dan 2010. Manfaat dari SP 2020 antara lain, mengetahui jumlah penduduk yang berdomisili diwilayah administrative terkecil ( RT / RW), penguatan data administrasi kependudukan menuju satu data kependudukan Indonesia, evaluasi pembangunan RPJMN/D dan SDGs, perencanaan berbagai bidang yang meliputi: Identifikasi kebutuhan dan kualitas perumahan, penyediaan sarana pendidikan untuk semua, perencanaan untuk kecukupan sarana kesehatan, perencanaan politik dan keamanan, ketahanan sosial dan budaya, perencanaan investasi dan penyiapan lapangan kerja, perencanaan jenis transportasi yang dibutuhkan, perencanaan kebutuhan fasilitas komunikasi dan perencanaan tata ruang dan lingkungan.

Peserta Sosialiasi sensus penduduk 2020.

Lopes Mau juga menambahkan, sensus ke-7 ini akan di laksanakan menggunakan peralatan digital, bukan lagi mengandalkan kertas. Peralatan digital yang dimaksud antara lain berupa aplikasi smartphone dan website. Sedangkan untuk daerah yang belum bisa diakses Internet akan tetap ada metode door to door tetapi metode peralatan digital lebih diutamakan sehingga, penduduk yang melakukan pengisian data sendiri tanpa melalui pencacahan lapangan.

Sensus Penduduk 2020 sendiri akan di laksanakan sejak bulan Januari – Juli 2020.

Categories: Berita

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terimakasih sudah mengunjungi website Kabupaten Ngada