Pelantikan Bupati Ngada, Paulus Soliwoa

Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat atas nama Menteri Dalam Negeri telah mengambil sumpah dan melantik Drs. Paulus Soliwoa sebagai Bupati Ngada sisa masa jabatan tahun 2016-2021 bertempat di Aula Eltari Kantor Gubernur NTT Kupang. Paulus Soliwoa dilantik bersama Pasangan Bupati dan Wakil Bupati Ende masa jabatan 2019-2024, Ir. Marsel Petu – Drs. Djafar Achmad dan Pasangan Bupati dan Wakil Bupati Kupang masa jabatan 2019-2024, Korinus Masneno-Jerry Manafe. Pelantikan dan pengambilan sumpah tersebut diawali dengan prosesi dari Kantor Gubernur NTT menuju Aula Eltari. 
Pelantikan dan pengambilan sumpah tiga Bupati dan dua Wakil Bupati diawali dengan pembacaan Surat Keputusan pengangkatan Bupati dan Wakil Bupati oleh Plt Kepala Biro Pemerintahan Setda NTT, Berto Lalong dilanjutkan dengan pelantikan dan pengambilan sumpah dipimpin oleh Gubernur NTT, diakhiri dengan penandatanganan berita acara pengambilan sumpah dan penandatanganan pakta integritas oleh Bupati dan Wakil Bupati yang dilantik bersama Gubernur NTT.

Acara pelantikan tersebut berlangsung hikmad dihadiri sejumlah pimpinan daerah diantaranya Wakil Gubernur NTT, Drs. Yoseph Nae Soi, unsur Forkopimda NTT, Sekda NTT, Ben Polo Maing dan sejumlah pejabat dari ketiga Kabupaten. Sementara dari Kabupaten Ngada dihadiri Ketua DPRD Ngada, Helmut Waso dan Wakil Ketua DPRD Ngada, Dorothea Dhone dan sejumlah anggota DPRD Ngada. Hadir juga Kapolres Ngada, AKBP Andhika Bayu Aditama, Dandim 1625 Ngada, I Made Putra Suartawan, Kejari Ngada, Suwarsono, Ketua Pengadilan Negeri Bajawa, Herbert Harefa dan sejumlah pimpinan perangkat daerah Kabupaten Ngada. 
Bupati Ngada, Drs. Paulus Soliwoa usai pelantikan mengatakan sebagai Bupati Ngada dirinya akan melanjutkan sisa masa jabatan hingga tahun 2021. Sejumlah agenda pembangunan yang telah dituangkan dalam Perda RPJMD Kabupaten Ngada tahun 2016-2021 akan tetap dilaksanakan ditambah dengan tiga target yakni Zala Siro Saro, Wae Gebho Gabho dan Dara Rilo Ralo.

Dikatakannya, sejak tahun 2010 sampai dengan 2015, bersama Bupati Marianus melalui program MULUS, telah dilaksanakan empat kebijakan strategis yakni bidang pendidikan, ekonomi, kesehatan dan infrastruktur. Dan pada periode kedua 2016-2021, selain melaksanakan empat kebijakan strategis, pemerintah juga telah menetapkan tiga target utama tersebut.

Bupati Ngada, Drs. Paulus Soliwoa pada kesempatan itu mengatakan, dengan sisa masa jabatannya sampai tahun 2021, pemerintah akan terus melaksanakan program-program dan kegiatan-kegiatan yang merupakan visi misi program MULUS (Marianus-Paulus) yang telah dituangkan dalam Perda RPJMD Kabupaten Ngada Tahun 2016-2021. Kebijakan-kebijakan yang telah ditetapkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Tahun 2016-2021 tidak akan pernah untuk dirubah karena itu bagian yang tidak terpisahkan pada program Marianus-Paulus.

Bupati Paulus Soliwoa juga menyampaikan bahwa selama memimpin Ngada bersama Bapak Marianus Sae telah banyak keberhasilan yang telah diraih. Keberhasilan yang diraih tersebut adalah berkat dukungan dan partisipasi yang luar biasa dari semua masyarakat Ngada. Oleh karenanya, selama sisa masa jabatan ini, dirinya tetap meminta dukungan, doa dan partisipasi seluruh masyarakat Ngada, sehingga dapat menjalankan tugas berat ini sampai tahun 2021 demi kesejahteraan masyarakat Kabupaten Ngada yang tercinta. 
Paulus Soliwoa menyadari bahwa dirinya tidak akan bisa berjalan sendiri tanpa adanya dukungan dari masyarakat. Karena itu, semua hal baik yang telah dilaksanakan pemerintah pada periode lalu bersama Bupati Marianus dan hingga saat ini mesti terus mendapatkan dukungan dari semua komponen di Ngada, tegasnya. Bersamaan dengan pelantikan Bupati Ngada, juga dilaksanakan pelantikan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Ngada, Nyonya Kurniati Soliwoa bersama Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Ende dan Kabupaten Kupang oleh Ketua Tim Penggerak Provinsi NTT, Nyonya Julie Sutrisno Laiskodat. Pelantikan Ketua Tim Penggerak PKK tiga Kabupaten dikukuhkan juga oleh Bupati masing-masing selaku Dewan Penyantun PKK Kabupaten.

Seluruh rangkaian acara pelantikan diakhiri dengan foto bersama dan resepsi sederhana di Aula Eltari. Masyarakat Kabupaten Ngada di Kupang juga turut hadir untuk memberikan dukungan kepada Bupati Paulus Soliwoa yang akan melanjutkan tongkot estafet pembangunan di Ngada.

Categories: Berita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terimakasih sudah mengunjungi website Kabupaten Ngada