Bupati Ngada Tinjau Lokasi Penanaman Bidara Super Sekaligus Melakukan Penanaman Perdana

Bagikan

Bupati Ngada, Drs Paulus Soliwoa meninjau lokasi penanaman bidara super di Desa Bawarani Dusun Reli sekaligus melakukan penanaman perdana anakan bidara super.

Kegiatan peninjauan dan penanaman ini digelar di Desa Bawarani Kecamatan Golewa Selatan, pada jumat, 17 Juli 2020.

Lewat sambutan yang disampaikan oleh Wakil Ketua DPRD Kabupaten Ngada, Petrus Ngabi menyampaikan bahwa tanaman bidara ini sendiri sudah digaungkan oleh Pemda Ngada diwilayah pengembangan di Kecamatan Riung.

Wakil Ketua DPRD Pit Ngabi juga menambahkan bahwa hari itu merupakan sebuah penghormatan untuk wilayah dusun Reli Desa Bawarani yang mendapat langsung sentuhan program untuk dilakukan penanaman bidara di tempat itu sendiri.

Wakil Ketua DPRD Ngada saat melakukan penanaman perdana Bidara Super.

Dalam kesempatan yang sama Bupati Ngada, Drs Paulus Soliwoa lewat arahannya menyampaikan bahwa penanaman pohon buah yang lain seperti jeruk, dan apel tidak bisa dilakukan karena Ngada sudah kalah bersaing. Untuk itu keputusan jatuh ke Bidara karena penanaman dan panen hasil yang tidak membutuhkan lama, selain itu bidara ini juga merupakan buah spesifik yang mana dibudidayakan hanya di 2 tempat di Indonesia yakni di Buleleng-Bali dan saat ini sudah dibudidayakan di Wilayah Kabupaten Ngada.

Bupati Ngada saat meninjau dan melakukan penanaman perdana Bidara Super.

Bupati Soliwoa juga menegaskan buah bidara ini sendiri saat dilakukan panen di wilayah lengkosambi Riung dijual dengan harga Rp 75.000/kg dengan masa perawatan sampai panen hanya membutuhkan waktu skitar 6-7 bulan.

Diakhir sambutan Bupati Ngada juga menyerahkan bantuan APD berupa masker ke wilayah Desa sekitar yang diterima oleh Kades masing-masing Desa dalam Wilayah yang berdekatan dengan Desa Bawarani.

Bupati Ngada saat menyerahkan APD berusaha Masker.

Kegiatan penanaman Bidara super di Desa Bawarani dihadiri oleh Asisten II Setda Ngada, Dandim 1625 Ngada,Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Ngada, Pimpinan Perangkat Daerah, Anggota Tani Kelompok Reli, PLT Camat Golewa Selatan, dan Undangan lainnya.

Pengembangan penanaman bidara super ini sendiri melibatkan kelompok Tani Dusun Reli Desa Bawarani dibawah koordinasi Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Ngada.

Pantauan media sebelum dilakukan tinjauan lokasi penanaman bidara super sekaligus penanaman, kegiatan ini diawali dengan upacara adat dan Ibadat sabda serta pemberkatan benih pohon bidara super yang dipimpin oleh Pastor Paroki Boba.

Pimpinan Perangkat Daerah Kabupaten Ngada dan undangan lainnya yang turut hadir dalam kegiatan peninjauan dan penanaman Bidara Super.
Terimakasih sudah mengunjungi website Kabupaten Ngada