CASAVIERA NIGHT

Published by Administrator on

Bajawa – Bupati Ngada Marianus Sae membuka dengan resmi Launching Kampung Wisata Casaviera Night di Jalan Ahmad Yani Tanalodu – Bajawa, pada Sabtu 10 juni 2017 yang lalu. Kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Bupati Ngada Paulus Soliwoa, Sekda Ngada Meda Moses dan sejumlah Pimpinan Perangkat Daerah serta undanganlainnya.
 
Dalam sambutannya, Bupati Ngada menyampaikan bahwa launching Kampung Wisata Casaviera Night ini akan mendorong perkembangan pariwisata di Ngada dan menjadi destinasi wisata kuliner dan seni budaya yang baru di Ngada. Pemerintah mendukung penuh kehadiran kampung wisata ini, dengan membuka area wisata kuliner dan kerajinan lokal setiap hari jumat dan sabtu di pelataran sepanjang Jalan Ahmad Yani – Tanalodu mulai jam lima sore hingga selesai.Diharapkan Kampung Wisata Casaviera ini akan berkembang besar seperti halnya Kawasan Malioboro di Jogja dan Kampung Ujung Labuan Bajo, sehingga Ngada memiliki destinasi wisata lokal dimana wisatawan dapat menjumpai lokasi hotel, café,restauran, kuliner dan produk kerajinan lokal masyarakat dalam satuwilayah kampung wisata.
 
Selain itu,  Bupati Ngada Marianus Sae mengajak generasi muda Ngada untuk memanfaatkan kehadiran kampung wisata ini untuk mengembangkan keterampilan di bidang seni, musik, kreatifitas lainnya yang memiliki nilai jual bagi wisatawan dengan tidak mengganggu aktifitas lainnya. Ajakan ini juga disampaikan kepada para pengrajin tenun, pengrajin bambu dan pengrajin lainnya yang ada di desa dan kampung untuk menjual produk kerajinan di kampung wisata termasuk juga kuliner lokal untuk mendongkrak perekonomian lokal.
 
Lebih lanjut Bupati Ngada menambahkan bahwa saat ini pemerintah gencar mendorong peningkatan pengelolaan pariwisata Ngada dan mempromosikan produk kerajinan lokal masyarakat. Selain launching kampung wisata ini, dalam waktu dekat akan dikelola kembali Air Terjun Ogi sebagai destinasi wisata alam, pengembangan Kawasan Wolobobo sebagai Kebun Raya dan satu – satunya di Provinsi Nusa Tenggara Timur serta pada Bulan Agustus nanti akan digelar Kejurnas Gasstrack di Kecamatan Riung sebagai bagian dari promosi wisata Ngada.
 
Dalam launching yang digagas oleh Komunitas Casiavera dan difasilitasi oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Ngada ini, masyarakat lokal memamerkan dan menjual produk kuliner lokal dan kerajinan di sepanjang ruas Jalan Ahmad Yani –Tanalodu.Turut ambil bagian dalam kegiatan tersebut produk anyaman dari Kampung Belaraghi, kerajinan bambu dari Kampung Rakalaba dan KampungTololela, obat herbal dari Naru, produk tenunan adat Langa serta makanan lokal Ngada. Acara ini dimeriahkan kelompok musik suling anak dari Sarasedu, tarian dari Spensa Bajawa dan sanggar Bu'e Bila serta masyarakat yang hadir dihibur oleh band N’jel Akustik.
 
Kampung Wisata di Tanalodu ini akan dibuka setiap hari Jumat dan Sabtu, mulai pukul lima sore, dimana jalan masuk dan keluar di Seputaran Jalan Ahmad Yani akan ditutup mulai jam lima sore, untuk memberi ruang bagi masyarakat menjual kerajinan dan kuliner serta pengunjung agar lebih nyaman melakukan kunjungan.
 
( /merlyn iju lalu)

 
 
Categories: Berita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *