Ngada

Dalam Rangka Percepatan Serta Memperkuat Vaksinasi Covid 19 Kabupeten Ngada, PMI dan Dinkes Ngada Siapkan Tim Vaksinator Baru

Bagikan

DINASKOMINFO. NGADA – Palang Merah Indonesia (PMI) pusat bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan dan Balai Pusat Pelatihan Batam, gelar Workshop Tata Laksana Vaksinasi Covid 19, bagi Tenaga Kesehatan PMI se Indonesia secara virtual. Kegiatan tersebut diikuti oleh 11 orang tenaga kesehatan, yang dipilih oleh pihak PMI Kabupaten Ngada. Workshop dilaksanakan di Aula Dinas Kesehatan (DINKES) Kabupaten Ngada 12/10/2021.

Kegiatan ini bertujuan, untuk membentuk tim vaksinator tambahan dalam upaya memperkuat pelayanan vaksinasi dan percepatan vaksinasi. Hal tersebut disampaikan oleh, Kepala Seksi Pengendalian Penyakit dan Wabah Dinas Kesehatan (DINKES) Kabupaten Ngada Maria Yosefa Kurnia, saat ditemui disela-sela kegiatan Workshop.

“Peserta yang direkrut untuk mengikuti workshop ini, adalah tenaga kesehatan baik perawat maupun bidan, yang sudah memiliki Surat Tanda Registrasi (STR). Dalam workshop mereka juga, akan diberikan pelatihan vaksinasi selama dua hari dan jika lulus akan mendapatkan sertifikat”, tuturnya.

Ia juga menjelaskan, 11 orang peserta yang sudah lulus mengikuti pelatihan, dapat membentuk tim vaksinator sendiri, dan tim akan diperkuat oleh dokter dari puskesmas.

“Setelah pelatihan, mereka sudah bisa membentuk tim vaksinator sendiri, dengan pelaksanaan vaksinasi sesuai SOP yang ada. Sehingga kita tidak lagi kewalahan dalam pelayanan vaksinasi”, jelasnya.

Maria juga menambahkan, tim vaksinator baru akan membantu tenaga kesehatan (Nakes) di tiga Puskesmas dalam kecamatan Bajawa. Hal tersebut dilakukan mengingat, jumlah sasaran vaksin di kecamatan Bajawa sangat besar dibanding kecamatan lainnya.

“Di Ngada, tim vaksinator ada 100 tim, yang menyebar di 20 puskesmas. Setiap puskesmas ada 5 tim vaksinator. Kalau mau dilihat dari sasaran penerima vaksinasi terbanyak, ada di Kecamatan Bajawa, untuk itu tim vaksinator ini akan perkuat di tiga Puskesmas yakni Puskesmas Kota, Puskesmas Surisina dan Puskesmas Langa”, pungkasnya. (Lian)

Terimakasih sudah mengunjungi website Kabupaten Ngada