DANA AKSELERASI UNTUK PEMBANGUNAN PAGAR DAN JALAN MASUK KANTOR CAMAT BAJAWA UTARA

Published by Administrator on

Watukapu – Dari hasil kesepakatan para Kepala Desa dan Camat Bajawa Utara, telah disepakati bahwa dana akselerasi Kecamatan Bajawa Utara sebesar 500 juta rupiah, akan dimanfaatkan untuk pembangunan pagar keliling dan jalan masuk di Lokasi Kantor Camat Bajawa Utara. Camat Bajawa Utara, Yohanes Ndai dalam kegiatan Musrenbang Tingkat Kecamatan Bajawa Utara pada Rabu, 7 Februari 2018 mengatakan bahwa, saat ini sekitar 75 persen Program Bupati Ngada telah dinikmati masyarakat di Kecamatan Bajawa Utara. Beberapa diantaranya adalah peningkatan ruas jalan, gedung sekolah, listrik dll. Sementara untuk kebutuhan di lokasi Kantor Camat Bajawa Utara berupa pagar keliling dan perbaikan jalan masuk, Camat Yohanes Ndai mengharapkan kesepakatan dari 11 Kepala Desa agar dapat memanfaatkan dana akselerasi.

Dan hasilnya, 11 desa menyepakati bahwa dana akselerasi sebesar 500 juta akan dimanfaatkan untuk pembuatan pagar keliling sebesar 300 juta dan 200 juta dimanfaatkan untuk perbaikan jalan masuk Kantor Camat Bajawa Utara. Harapan Camat Bajawa Utara agar pada waktu yang mendatang, akan ada alokasi anggaran untuk pembangunan mess pegawai, mengingat banyak asn yang bertugas di Kecamatan Bajawa Utara berasal dari Bajawa dan harus menempuh jarak cukup jauh setiap harinya untuk berkantor dan bekerja.

Sementara itu Kepala Bidang Sosial Budaya BP-Litbang Ngada, Ferdin Suri pada kegiatan Musrenbang tersebut mengatakan bahwa beberapa program desa yang tidak terakomodir dalam anggaran daerah, dapat direncanakan melalui anggaran dana desa. Perencanaan dana desa harus disesuaikan dengan tujuan prioritas pembangunan baik di daerah maupun secara nasional. Penggunaan dana desa sejalan dengan visi dan misi daerah, untuk itu tetap terjadi kolaborasi dan sinkronisasi antara kegiatan yang dibiayai daerah dan dana desa. Semuanya dengan tujuan yang sama untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Categories: Berita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *