Di Ngada 1.091 Akseptor KB Baru Terlayani Saat Harganas ke-27.

Bagikan

Kegiatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke -27 tahun 2020 dirayakan oleh setiap Kabupaten/Kota se Indonesia.

Puncak kegiatan Harganas diseleggarakan Senin (29/6/2020) dan dirayakan secara sederhana karena sedang dimasa pandemi Covid-19.

Di Kabupaten Ngada misalnya, Dinas Pengendalian Pendudukan dan Keluarga Berencana (P2KB) melaksanakan kegiatan pelayanan “Sejuta Akseptor” di Desa Nabelena Kecamatan Bajawa Utara Kabupaten Ngada.

Sedikitnya ada 1.091 akseptor KB baru terlayani saat peringatan Harganas ke- 27 tingkat Kabupaten Ngada.

Selain di Nabelena Bajawa Utara, kegiatan yang dilaksanakan serupa juga berlangsung di setiap pusat pelayanan kesehatan se Kabupaten Ngada.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas P2KB Ngada, Dra. Idju Maria Albina, menyampaikan, program pelayanan sejuta akseptor ini merupakan program BKKBN pusat yang digelar hingga seluruh daerah Indonesia.

Dra. Ijdu Maria menyatakan Harganas ini menjadi momentum untuk memberikan pelayanan serentak diseluruh Indonesia.

“Dari total target sejuta akseptor ini, kabupaten Ngada mendapat target 600 akseptor, dan dari target yang diberikan tersebut, Kabupaten Ngada berhasil melakukan pelayanan kepada 1.091 akseptor yang tersebar di 12 Kecamatan, dengan KB suntik menjadi pilihan utama,” jelasnya.

Ia menyampaikan apresiasi atas partisipasi peserta KB yang dengan rela mengikuti program KB. Dengan ini kesadaran masyarakat semakin tinggi akan pentingnya mengikuti program KB.

Sementara itu Kepala Bidang Pengendalian Penduduk Dinas P2KB Ngada, Loda Pius, menyampaikan meski sedang dalam masa pandemi Covid-19, tidak menyurutkan minat masyarakat khususnya kaum ibu untuk berpartisipasi dalam kegiatan ini dengan tetap mentaati standar protokol kesehatan.

Pius mengatakan setiap pemasangan alat kontrasepsi di fasilitas kesehatan disetiap kecamatan langsung dilaporkan secara online ke BKKBN dengan tujuan untuk merekap data-data.

Ia juga mengatakan Dinas P2KB kabupaten Ngada juga melakukan layanan jemput bola yakni layanan yang dilakukan petugas penyuluh lapangan PK dan PLKB dengan mengumpulkan sasaran di tingkat desa dan kelurahan dan dijemput menggunakan mobil.

hadir pada kegiatan di Nabelena yaitu Bupati Ngada -Paulus Soliwoa bersama ketua tim
penggerak PKK Kabupaten Ngada -Aty Soliwoa.

Para peserta akseptor KB di Nabelena.
Terimakasih sudah mengunjungi website Kabupaten Ngada