Dalam kegiatan Rakor Persiapan Pilkada Serentak Tahun 2020 Tingkat Kabupaten Ngada, Sekretaris Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Ngada, Gerardus Reo,SE,M.Si, menyatakan bahwa Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Ngada siap mendukung Pilkada Serentak Tahun 2020. Bukti dukungan tersebut dengan tersedianya data yang akurat dan terekam dalam e-KTP tentang penduduk yang akan mengikuti Pilkada tahun 2020 maupun penduduk potensial yang belum terekam e-KTP.

Menurut Gerardus, Jumlah penduduk Kabupaten Ngada saat ini sebanyak 167.806 jiwa. Dari jumlah tersebut yang telah berhak memilih sebanyak 103.600 jiwa sedangkan penduduk yang belum melakukan perekaman e-KTP sebanyak 17.004 jiwa. Jumlah tersebut belum terhitung data penduduk potensial yang akan memasuki usia 17 tahun hingga tanggal 23 september 2020 atau pada saat pelaksanaan Pilkada Serentak.

Sekretaris Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Ngada.

Gerardus juga menambahkan, untuk pemilih pemula yang akan memasuki usia 17 tahun pada tanggal 23 September 2020 atau saat Pilkada berlangsung yang bersangkutan memiliki hak pilih, dan mereka akan dilakukan perekaman e-KTP sehingga dapat menggunakan hak suaranya dalam pilkada serentak. Untuk itu Sekretaris Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil mengharapkan kerjasama semua pihak agar semua penduduk yang telah terekam e-KTP maupun yang belum dapat terlayani sehingga dapat menggunakan hak suaranya dalam Pilkada serentak tahun 2020.

Selanjutnya, Sekretaris Dus mengatakan, potensi gangguan yang dapat terjadi antara lain, pemilih siluman yaitu penduduk yang sudah meninggal tetapi yang bersangkutan masih terdata dalam aplikasi. Selain itu, ada penduduk yang secara factual berada di luar Kabupaten Ngada, namun secara administrasi kependudukan yang bersangkutan tidak diikuti dengan pemindahan dokumen kependudukan. ( cc Moi Nitu Anastasia)

Categories: Berita

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terimakasih sudah mengunjungi website Kabupaten Ngada