Dinas Pertanian Ajak Perangkat Daerah Kabupaten Ngada Budidaya Sayuran Organik Di Lahan Sempit

Bagikan

Terobosan baru diprogramkan Dinas Pertanian Kabupaten Ngada. Salah satunya, mengajak seluruh Perangkat Daerah (PD) Lingkup Pemda Ngada memanfaatkan lahan sempit di kantor untuk budidaya sayuran organik.

Ambrosius Keko selaku Penyuluh KJF Kabupaten pada Dinas Pertanian Kabupaten Ngada menyampaikan bahwa dirinya bersama teman-teman mempunyai keinginan yang besar untuk bisa menghijaukan seluruh halaman Dinas Pertanian dengan tanaman organik. Ia juga berharap apa yang dilakukannya bersama teman-teman boleh diduplikasi oleh semua Perangkat Daerah ataupun di lingkungan rumah masing-masing.

Salah satu tanaman organik yang ada di halaman kantor Dinas Pertanian.

Ambros menambahkan kegiatan pemanfaatan pekarangan ini dikenal dengan Obor Pangan Lestari (OPAL), fungsinya sebagai bentuk budidaya lahan pekarangan kantor untuk ditanami tanaman pangan, hortikultura yang ditata rapi sedemikian rupa sehingga, sedap dipandang mata bagi siapa saja yang berkunjung ujarnya Ambros pada Selasa, 07 Juli 2020 di halaman kantor Dinas Pertanian Kabupaten Ngada.

Dalam kesempatan yang sama, Maria Imakulata Wea selaku Penyuluh KJF Kabupaten pada Dinas Pertanian Kabupaten Ngada menambahkan sampai saat ini tanaman organik yang ditanam dihalaman kantor Pertanian sudah di panen empat kali dan menghasilkan uang sebesar Rp 300.0000 dari masing-masing tempat penanaman yang menghasilkan Rp 50.000- Rp 70.000.

Pantauan media,tanaman organik yang ditanam di atas media sederhana ini tumbuh dengan sangat hijau dan penuh dengan perawatan.

Terimakasih sudah mengunjungi website Kabupaten Ngada