Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A) Kabupaten Ngada, menggelar kegiatan Konferensi Anak Daerah (Pemilihan Duta Anak Tahun 2020) dengan tema “Selamatkan anak, Selamatkan masa depan Bangsa”.

Kegiatan ini dibuka secara langsung oleh Bupati Ngada, Drs Paulus Soliwoa didampingi Kepala Dinas PMDP3A, Yohanes Watu Ngebu,dan Staf Ahli Bupati Ngada Bidang Kemasyarakatan Sumber Daya Manusia dan Penelitan pengembangan, Drs Agustinus Sila.

Bupati Ngada, Drs Paulus Soliwoa saat membuka kegiatan Konferensi anak Daerah tahun 2020.
Kabid P3A saat menyampaikan laporan panitia.

Dalam laporan Panitia yang disampaikan oleh Mathilde Paulina Laban selaku Kabid P3A bahwa kegiatan yang digelar selama dua hari sejak tanggal 20 Februari – 21 Februari 2020 memiliki beberapa tujuan, meningkatkan pemampuan anak tentang organisasi dan kepemimpinan, keterampilan berkomunikasi, partisipasi dan pengambilan keputusan, mendorong anak dapat merumuskan program kegiatan dan rekomendasi yang berpihak pada kepentingan terbaik bagi anak sehingga tercapai pengarusutamaan hak anak, mendorong anak agar dapat tumbuh, berkembang dan berperilaku dalam kehidupan bermasyarakat sesuai dengan etika/ moral karakter Bangsa dan mengembangkan bakat dan minat anak.

Peserta Konferensi Anak Daerah Kabupaten Ngada Tahun 2020.

Bupati Ngada di awal sambutannya menyampaikan harapannya agar kegiatan konferensi anak daerah tahun 2021 dapat dilaksanakan pada lingkungan yang terbuka mengingat dunia anak lebih kedunia alam, sehingga anak-anak bisa lebih bebas berkreasi dengan jati diri mreka dan tampil apa adanya.

Masih dalam sambutan, Bupati Ngada menegaskan bahwa Tahun 2020 ada tiga kasus kekerasan terhadap anak serta tiga kasus kekerasan seksual, dan Paulus berharap jangan sampai terjadi kekerasan seksual terhadap anak setiap bulan sepanjang tahun 2020.

Diakhir sambutannya, Paulus Soliwoa mengingatkan jangan sampai empat hak anak dirampas terkhusus hak partisipasi anak yang justru direnggut oleh orang terdekat anak.

Kegiatan yang berlangsung di aula susteran Sang Timur Bejo, dihadiri oleh utusan masing-masing dua orang setiap anak dari sekolah se-Kabupaten Ngada, guru pendamping, Kepala sekolah, dan para Pimpinan Perangkat Daerah.

Bupati Ngada saat foto bersama peserta.
Categories: Berita

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terimakasih sudah mengunjungi website Kabupaten Ngada