Forum Kewaspadaan Dini Pemerintah Kabupaten Ngada Siap Menjaring Potensi Masalah yang Mengganggu Keamanan Pemilukada 2020

Bagikan

Forum Kewaspadaan Dini Pemerintah (FKDP) Kabupaten Ngada telah mengelar rapat dalam rangka menjaring potensi masalah yang mengganggu keamanan Pemilukada 2020 tanggal 9 Desember di Kab. Ngada.

Rapat dipimpin langsung oleh Kepala Kesatuan Bangsa , Politik dan Perlindungan Masyarakat (Kesbangpol Linmas) Kabupaten Ngada, Ir. Maria Veronika Kila didampingi staf dan dihadiri oleh anggota FKPD yang terdiri dari Kasat Intel Polres Ngada, Kasat Intel Kodim 1625 Ngada, Kasat Intel Kejaksaan Negeri Bajawa, Kepala BIN Daerah, Kasat Pol PP dan Kadis Kominfo Ngada.

Menurut Kaban Kesbangpolinmas Ngada, tujuan rapat adalah memberikan penugasan kepada Tim FKPD untuk menjaring Informasi, mencari potensi permasalahan berupa tantangan,ancaman, isu-isu yang mengganggu keamanan Pemilukada tahun 2020 di 12 Kecamatan yang ada di Kabupaten Ngada.

Masih menurut Vera, kegiatan serupa juga akan dilakukan oleh Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) yang mana masyarakat dilibatkan dalam tugas-tugas inteligensi.
Dalam diskusi ada banyak masukan yang disampaikan oleh anggota tim antara lain, netralitas ASN dalam Pemilukada, perlunya Posko penanganan permasalahan Pemilukada, sosialisasi melalui berbagai media dan secara mobile kepada masyarakat agar menggunakan hak suaranya pada Pemilukada 9 Desember 2020.

Diakhir rapat, Vera menyampaikan bahwa hasil penjaringan baik dari FKDP maupun dari FKDM akan dipadukan guna menghasilkan sebuah laporan yang akan disampaikan kepada Bupati guna diambil langkah-langkah atau tindakan selanjutnya. Tim akan melaksanakan tugas sejak tanggal 25 November 2020 hingga berakhirnya masa kampanye Pemilu pada tanggal 5 Desember 2020. Selanjutnya menjelang Pemilu, Tim akan melakukan pemantauan tahap kedua mulai dari pendropingan logistik, minggu tenang, hari H dan perhitungan suara.
(M.N.Anastasia)

Terimakasih sudah mengunjungi website Kabupaten Ngada