Pembukaan Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil Daerah ( CPNSD ) 2019 akan segera dilakukan, berdasarkan petunjuk dan informasi dari Pemerintah Pusat. Menurut rencana, pendaftaran secara online akan dimulai 11 November mendatang, melalui website sscasn.bkn.go.id. Untuk Kabupaten Ngada sendiri, mendapat 158 formasi CPNSD dari Pemerintah Pusat, dalam hal ini Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi.

Sekretaris Daerah Ngada Theodosius Yos. Nono saat dikonfirmasi di ruang kerjanya, Jumad 8 Nopember 2019 mengatakan bahwa alokasi CPNSD untuk Kabupaten Ngada sebanyak 158 formasi, dengan rincian Tenaga Pendidikan sebanyak 71 formasi, Tenaga Kesehatan sebanyak 60 formasi dan Tenaga Teknis sebanyak 27 formasi. Kuota ini ditentukan dari Pemerintah Pusat, setelah mengkaji usulan daerah.

Sekda Ngada, Theodosius Yosefus Nono

” Sebenarnya usulan kuota CPNSD kita dari daerah ini cukup besar jumlahnya. Namun kembali lagi, semua bergantung pada penetapan pemerintah pusat, setelah melalui berbagai kajian,” jelas Sekda Ngada

Untuk jadwal pembukaan pendaftaran hingga pelaksanaan Tes CPNSD, Pemerintah Daerah Ngada masih menunggu petunjuk dari Pemerintah Pusat.

” Tes CPNS ini menjadi kewenangan Panitia Seleksi Nasional atau Panselnas. Jadi untuk pendaftaran, jadwal atau waktu pelaksanaan maupun materi Tes, semuanya disusun dan diatur oleh Pemerintah Pusat, di Daerah hanya sebatas memfasilitasi,” ujar Sekda Theodosius.

Sementara itu, Kepala Bidang Mutasi dan Kepegawaian pada BK-Diklat Ngada Aleksandrinus Safarinus Rabha S.AP M.AP mengatakan, saat ini BK-Diklat Ngada masih dalam tahapan persiapan, sambil menunggu instruksi dari pusat. Namun, berdasarkan surat dari Menteri PANRB tanggal 1 Oktober 2019 tentang Jadwal Pelaksanaan Rekrutmen dan seleksi CPNS Formasi Tahun 2019, tahapan kegiatan akan dimulai dengan Pengumuman dan Pendaftaran pada bulan Nopember 2019, Pengumuman hasil seleksi administrasi pada bulan Desember 2019, Masa Sanggah pada bulan Januari 2020, Pengumuman jadwal Seleksi Kompetensi Dasar ( SKD ) pada bulan Januari 2020, Pelaksanaan SKD bulan Februari dan Pengumuman hasil Seleksi SKD pada bulan Maret 2020.

Untuk Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Bidang, dilaksanakan pada bulan Maret 2020. Integrasi Nilai SKD dan SKB juga Penetapan NIP dan Pengangkatan Sebagai CPNS akan terjadi di bulan April 2020.

Kabid Mutasi dan Kepegawaian pada BK-Diklat Ngada, Aleksandrinus Rabha

Ditambahkan juga, bahwa mekanisme pendaftaran dilakukan secara online ke BKN, termasuk tahapan Tes CPNS yang menggunakan sistem CAT, dengan penilaian berdasarkan passing grade. Sementara untuk persyaratan dan rincian per Formasi, masih menunggu informasi dari Pusat.

“Biasanya, Pemerintah Pusat seperti menteri PANRB akan keluarkan pengumuman berupa Nama Jabatan, Kualifikasi Pendidikan juga Rencana Penempatan. Jadi, Daerah hanya sebagai panitia pelaksana untuk memfasilitasi pelaksanan seleksi CPNS,” tambah Leksi.

Ditambahkan, untuk tahun 2020, Pemerintah Pusat masih melakukan rekruitmen dan seleksi ASN, yang penetapan formasinya paling cepat pada bulan Juli 2020.

Categories: Berita

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terimakasih sudah mengunjungi website Kabupaten Ngada