Dengan mengusung Tema “ Reformasi Total Koperasi di Era Revolusi Industri 4.0”, peringatan HUT Koperasi  ke – 72 Tahun 2019 Tingkat Provinsi NTT berlangsung di kota Waikabubak, Sumba Barat. Ngada menjadi salah satu dari 22 Kabupaten/kota yang mengirimkan pesertanya, guna mengikuti HUT Koperasi dan rangkaian lomba.

 Kegiatan HUT Koperasi ini dilaksanakan sejak tanggal 24 juli 2019, didahului dengan defile peserta berpakian adat masing-masing daerah dan dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati  Sumba Barat, Marthen Ngailu Toni, SP. Utusan setiap Kabupaten yang hadir, sekaligus sebagai peserta pameran, dengan masing-masing stand diisi produk lokal, baik makanan, kerajinan, tenun ikat dan hasil kreatifitas lainnya. Stand Kabupaten Ngada menjual serta memamerkan produk berupa Kopi AFB, Kripik Pisang, Kripik Jagung, olahan tepung kelor, tepung manggis yang habis terjual selama kegiatan berlangsung.

Kontingen Ngada, Tampil Dengan Busana Ethnic Ngada, Pada Acara Pembukaan HUT Koperasi ke – 72

Berkaitan dengan rangkaian perlombaan, Sekertaris Dinas Koperasi, UMKM dan Perdagangan Kabupaten Ngada, Eduardus Sugi, yang turut hadir dalam kegiatan HUT Koperasi tersebut menjelaskan bahwa, untuk lomba antar Gerak Koperasi tingkat Provinsi NTT, Kabupaten Ngada diwakili oleh Koptama Bajawa yang meraih juara dua, setelah TTU pada peringkat satu dan juara tiga diraih oleh Kabupaten Sikka. Sementara lomba Asah Terampil Koperasi antar SMU/SMK se- Provinsi NTT, juara satu diraih oleh SMAK Frater Maumere, Juara dua oleh SMAK Regina Pacis Bajawa dan Juara tiga dari SMAN Waikabubak.

Peserta Lomba Gerakan Antar Koperasi yang Berhasil Meraih Juara Kedua

”Ngada meraih posisi dua, untuk kompetisi antar koperasi dan antar siswa. Meskipun bukan juara pertama, namun kita bangga dengan prestasi  yang ada, karena kompetisinya cukup tinggi, diikuti semua Kabupaten di NTT. Selain itu, semua produk dari Kabupaten Ngada yang kita pamerkan di stand Ngada, laris terjual dan diminati pengunjung pameran. Kita sekaligus promosi produk dan hasil kerajinan masyarakat Ngada” Kata Eduardus Sugi.

Stand Pameran Kabupaten Ngada Dengan Aneka Produk Lokal

Selain rangkaian perlombaan, peringatan HUT Koperasi ke 72 tingkat Provinsi NTT ini, diisi dengan seminar bertema “Pengembangan Koperasi Sektor Riil dengan Pendekatan Spin Of Koperasi”, yang menghadirkan narasumber Drs. Soeroto ( Aktivis Koperasi Nasional), Dr. Muhamad Sukri (Sekjend Dekopin ) serta Perwakilan Bank Artha Graha. Dari kegiatan seminar ini, terungkap bahwa 95 % koperasi di NTT, produk inti layanannya adalah simpan pinjam dan sisanya bergerak di sektor riil. Oleh karena itu, untuk mengembangkan perekonomian sektor riil khususnya koperasi, maka koperasi simpan pinjam dituntut untuk melebarkan sayapnya, hingga menyentuh sektor riil.

Juara Dua Lomba Asah Terampil Koperasi dari SMA Regina Pacis Bajawa, Bersama Peserta Lainnya Dari Ngada

Dalam sambutannya, pada acara penutupan yang dilaksanakan tanggal 27 Juli 2019, Bupati Sumba Barat  Drs. Niga Dapawole yang mewakili Gubernur NTT, menyampaikan  bahwa HUT Koperasi ke – 72 tahun 2019, harus menjadi momentum yang strategis, untuk menggerakan ekonomi kerakyatan di NTT. Diharapkan pemerintah dengan berbagai upaya, akan terus mengembangkan koperasi yang berdampak ekonomis bagi masyarakat.

Kegiatan diakhiri dengan pengumuman pemenang lomba serta penyerahan hadiah.

Sekertaris Dinas Koperasi Ngada, Eduardus Sugi dan Staf, Selepas Menerima Piala Perlombaan
Categories: Berita

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terimakasih sudah mengunjungi website Kabupaten Ngada