Telah terjadi Kebakaran di kantor Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Ngada, jalan Soekarno-Hatta, kelurahan Ngedukelu, Kecamatan Bajawa, Minggu (22/09/2019).

Kantor Dinas Pora terbakar.

Kantor Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Ngada terbakar hangus dan mengakibatkan kobaran api merambat ke Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Ngada dan Gedung Sekolah SMA Negeri 1 Bajawa.

Berkat Pertolongan Warga dan mobil pemadam kebakaran walaupun terlambat tiba di lokasi, Kantor Dinas Pendidikan dan bangunan Sekolah SMA Negeri 1 Bajawa bisa terselamatkan dari amukan api, dan tidak terbakar.

Warga berusaha untuk menyelamatkan bangunan sekolah SMANSA Bajawa.

Berdasarkan keterangan Saksi Fabianus Pesek sekertaris Dinas PMDP3A yang merupakan orang pertama yang datang di TKP
Pada Pukul 11.30 wita sumber melihat ada kepulan asap hitam lalu sumber mencari sumber asap tersebut.

Pada pukul 11.40 wita sumber menemukan sumber asap tersebut berasal dari kantin Dinas Pendidikan Kabupaten Ngada, yang letaknya berada tepat di belakang Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Ngada, dan pada saat itu api sudah menghanguskan kantin tersebut dan sudah menjalar ke bangunan utama Kantor Dinas Pendidikan kabupaten Ngada.

Pada saat yang bersamaan, Masyarakat banyak telah berkumpul disekitar Kantor Pendidikan Kabupaten Ngada untuk membantu memadamkan api tersebut dengan peralatan seadanya.

sekitar pukul 12.00 wita kendaraan pemadam kebakaran milik dinas pemadam kebakaran Kabupaten Ngada tiba di TKP guna memadamkan api, dan pada pukul 13.05 wita baru api dapat di padamkan

Menurut keterangan sumber, bahwa sumber api berasal dari kantin Dinas Pendidikan Kabupaten Ngada namun belum dapat dipastikan apakah api tersebut berasal dari komfor yang meledak atau karena terjadi hubungan arus pendek pada meteran di kantor tersebut.

Pada saat kejadian anggota piket polres Ngada bersama-sama warga masyarakat dengan bantuan mobil kebakaran milik Pemda Ngada membantu memadamkan api. Perlu diadakan penyelidikan lebih lanjut terkait penyebab terjadinya kebakaran.

Aparat kepolisian Resort Ngada sedang membantu memadamkan api.

Sampai dengan saat kejadian ini dilaporkan situasi tetap dalam keadaan kondusif.
Kerugian yang timbul akibat kebakaran tersebut ditaksir mencapai Rp.2.000.000.000 ( dua milyard rupiah ).

Kepala sekolah SMA Negeri 1 Bajawa yang ditemui di lokasi kebakaram mengatakan bahwa dirinya sendiri mengetahui informasi kebakaran ini agak sedikit terlambat setelah pulang misa ke tiga di Gereja Santo Yoseph Bajawa.

Mendengar informasi dari arah SMA Negeri 1 Bajawa itu ada muncul asap putih bahwa ada kemungkinan kebakaran kemudian secara Kepsek SMANSA menuju ke sekolah. Tiba di lokasi Jack melihat memang benar terjadi kebakaran yang sumber apinya cenderung kemungkinan berasal dari kantor Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Ngada.

Api terus berkobar ke arah gedung sekolah karena angin kencang sehingga gedung kelas, kamar mandi sekolah dan ruang perpustakaan kena imbas api.

Dari kejadian ini Tiga Ruang kelas untuk sementara tidak bisa dipakai untuk kegiatan belajar mengaja, karena perlu direnovasi sebab plafonnya dijebolkan dalam upaya pemadaman, kamar mandi murid bagian rangka atasnya terbakar praktis tidak bisa digunakan lagi.

Jack Lengi selaku Kepala Sekolah SMAN 1 Bajawa berterima kasih kepada seluruh masyarakat yang ikut membantu memadamkan api yang merambat ke gedung sekolah sehingga tidak terjadi kebakaran yang parah.

Categories: Berita

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terimakasih sudah mengunjungi website Kabupaten Ngada