KEGIATAN MUSRENBANG RKPD TAHUN 2019

Published by Administrator on

Bajawa – Pelaksana Tugas Bupati Ngada, Paulus Soliwoa membuka kegiatan Musrenbang RKPD Tahun 2018, pada Selasa 27 Maret 2018. Kegiatan ini dibuka dengan resmi di Aula Jhon Thom Bajawa, yang diikuti lebih dari 200 peserta diantaranya para Pimpinan Perangkat Daerah dan staf, para Camat dan Kepala Desa, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda, pimpinan LSM serta undangan lainnya.

Dalam sambutan awalnya, Paulus Soliwoa menyampaikan ucapan selamat memasuki Masa Prapaskah bagi umat yang merayakan. Beliau juga mengajak peserta Musrenbangkab dan masyarakat, untuk juga turut mendoakan bapak marianus sae, agar diberi kekuatan dan ketabahan dalam menghadapi peristiwa hukum yang terjadi, dan masyarakat diharapkan tetap berkomitmen teguh dalam menyukseskan agenda pembangunan daerah sebagaimana spirit yang telah dicanangkan oleh Bupati dan Wakil Bupati Ngada sebagaimana tertuang dalam RPJMD Kabupaten Ngada tahun 2016 – 2021.

Terkait dengan Kegiatan Musrenbang RKPD, Plt Bupati Ngada menjelaskan ada empat agenda utama pembangunan di Kabupaten Ngada, yang meliputi penyediaan infrastruktur yang memadai, peningkatan kualitas pendidikan, peningkatan kualitas kesehatan dan peningkatan ekonomi masyarakat. Dalam hal mewujudkan tata kelola pemerintahaan yang bersih, maka pemerintah daerah tetap berkomitmen untuk mewujudkan transparansi dan akuntabilitas kinerja pemerintah daerah. Reformasi birokrasi harus terus dilaksanakan pada berbagai aspek. Dari aspek perencanaan, kita bertekad untuk terus meningkatkan kualitas perencanaan pembangunan daerah.

 

Pada tahun 2018 ini, Pemda akan melakukan review RPJMD Kabupaten Ngada tahun 2016-2021, seiring dengan perkembangan pembangunan baik dalam skala lokal, regional maupun skala nasional. Proses review RPJMD harus jadikan momentum untuk menyempurnakan seluruh dokumen perencanaan , baik perencanaan makro maupun perencanaan teknis yang termuat dalam renstra skpd dan renja skpd. Salah satu bentuk komitmen pemerintah daerah untuk mewujudkan reformasi birokrasi dari aspek perencanaan pembangunan daerah adalah melalui penerapan e-planning.

 

Menurut Paulus Soliwoa, Pemerintah Kabupaten Ngada telah bekerja sama dengan pemerintah Kabupaten Batang Provinsi Jawa Tengah, untuk menerapkan e-planning dalam proses perencanaan pembangunan di Kabupaten Ngada. Hal ini semata-mata untuk mewujudkan transparansi dan akuntabilitas dalam perencanaan pembangunan daerah.

 

Paulus Soliwoa berharap penerapan e-planning harus mampu mengikat seluruh stakeholder pembangunan, terutama dalam hal kepatuhan pada jadual dan tahapan yang secara online, bisa diakses oleh seluruh stakeholder terkait. Penerapan sistem e-planning akan benar-benar mejamin transparansi dan akuntabilitas dalam pelaksanaan kegiatan pembangunan. Dalam monitoring dan evaluasi pelaksanaan rencana aksi daerah yang dilakukan bersama komisi pemberantasan korupsi dan seluruh pemerintah daerah se- Provinsi Nusa Tenggara Timur, Pemerintah Daerah Kabupaten Ngada mendapatkan apresiasi karena telah berjalannya penerapan e-planning dalam proses pembangunan. Komisi Pemberantasan Korupsi merekomendasikan untuk pelaksanaan monitoring dan evaluasi rencana aksi daerah pencegahan tindak pidana korupsi berikutnya dilakukan di Kabupaten Ngada.

 

Lebih lanjut Plt bupati menyatakan, Rencana Kerja Pemerintah Daerah Kabupaten Ngada Tahun 2019 secara rinci memuat Rencana Kerja Perangkat Daerah Tahun 2019, dan juga merupakan Representasi Dari Rencana Strategis (Renstra) Perangkat Daerah Tahun 2016 – 2021. Rencana Kerja Perangkat Daerah Tahun 2019 memuat kebijakan kegiatan sesuai dengan tugas pokok dan fungsi setiap Perangkat Daerah yang dipadukan dengan hasil Musrenbang dan pokok – pokok pikiran DPRD. Rencana Kerja Pemeritah Daerah Kabupaten Ngada Tahun 2019 menjadi pedoman bagi penyelenggaraan pembangunan oleh seluruh Perangkat Daerah Kabupaten Ngada, yang didalamnya memuat Rencana Kerja, Program dan Indikator Kegiatan yang bersifat terukur, terpadu, berorientasi pada pendekatan fungsi pembangunan dan berkelanjutan sesuai dengan visi, misi dan amanat RPJMD Kabupaten Ngada 2016 – 2021.

Categories: Berita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *