KETUA DPRD NGADA PIMPIN SIDANG PARIPURNA PERTANGGUNG JAWABAN APBD KABUPATEN NGADA TAHUN ANGGARAN 2019

Bagikan

Dalam rangka pertanggungjawaban APBD Bupati Ngada dan dua buah Ranperda DPRD Ngada, Senin, 31 Agustus 2020 telah dilaksanakan Sidang Paripurna yang dipimpin oleh Ketua DPRD Ngada, Bernadinus D. Ngebu,SP bertempat di Ruang Sidang Utama DPRD Kabupaten Ngada.

Hadir pada kesempatan tersebut, Ketua, Wakil Ketua DPRD Ngada beserta anggota, Bupati Ngada, Forkompinda Ngada, Pimpinan Perangkat Daerah, Para Camat, pimpinan BUMN/BUMD, para wartawan dan undangan lainnya.
Ketua DPRD Ngada, Bernadinus dalam sambutannya menyampaikan bahwa sidang paripurna pertanggungjawaban pelaksanaan APBD pemerintah adalah suatu mekanisme dalam penyelenggaraan pemerintahan yang telah digariskan di dalam UU Nomor 17 tahun 2003 tentang Keuangan Negara, dimana pasal 31 ayat 1 menegaskan bahwa Bupati menyampaikan Rancangan Peraturan Daerah tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD kepada DPRD berupa Laporan Keuangan yang telah diaudit oleh Badan Pemeriksa Keuangan, selambat-lambatnya enam bulan setelah tahun anggaran berakhir.

Masih menurut Bernadinus, hal yang paling pokok dari keseluruhan pelaksanaan Sidang Paripurna adalah bahwa kita tidak sekedar memenuhi tuntutan undang-undang, tetapi kita hendak menelusuri lebih awal tahun anggaran 2019 yang lalu dan kita hendak melakukan evaluasi kritis atas kinerja dan program serta kebijakan yang telah dijabarkan dalam APBD Kabupaten Ngada tahun 2019.
Diakhir sambutan Ketua DRPD Ngada berharap agar pimpinan Fraksi selalu berkoordinasi dengan anggota fraksinya dalam mempercakapkan berbagai isu-isu penting dan strategis terkait pertanggungjawaban Kepala Daerah yang akan dibahas Bersama dalam masa sidang ini serta secara Bersama-sama dengan pemerintah terlibat aktif partisipatif dalam seluruh rangkaian pembahasan agenda sidang kita kali ini.

Selanjutnya, Bupati Ngada, Drs. Paulus Soliwoa menyampaikan Pengantar Nota Keuangan atas Laporan Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Kabupaten Ngada Tahun Anggaran 2019 yang mana target Pendapatan Daerah Kabupaten Ngada ditetapkan sebesar Rp. 848 Milyard lebih terealisasi sebesar Rp. 838 M lebih atau sebesar 98,89 persen. Untuk Pendapatan Asli Daerah targt Rp. 50 M lebih realisasinya 51,2 M lebih atau 100,83 persen. Dan perimbangan target Rp. 644 M lebih terealisasi Rp. 636 M lebih atau sebesar Rp. 98,76 persen. Sedangkan lain-lain pendapatan daerah yang sah ditetapkan sebesar Rp. 152,2 M lebih dan terealisasi Rp. 150,4 M lebih atau sebesar 98,76 persen.

Setelah penyampaian Nota keuangan oleh Bupati Ngada dilanjutkan dengan penetapan Keputusan DPRD Nomor 6 Tahun 2020 tentang Jadwal Sidang Paripurna tentang Pertanggungjawaban APBD Bupati Ngada dan dua buah Ranperda DPRD Ngada Tahun 2020 yang akan dilaksanakan sejak tanggal 31 Agustus hingga tanggal 14 September 2020.
(Anastasia Moi Nitu)

Terimakasih sudah mengunjungi website Kabupaten Ngada