KIRAB BUDAYA

Published by Administrator on


Bajawa – Parade pakaian adat dari etnis Bajawa, Riung dan Soa mewarnai aksi Kirab Budaya yang diselenggarakan oleh Dinas Kominfo Kabupaten Ngada dalam rangka memeriahkan Kegiatan Pameran Pembangunan Tingkat Kabupaten Ngada pada hari Selasa tanggal 26 September 2017. Para peserta Kirab Budaya ini juga ada yang mengenakan berbagai jenis pakaian adat etnis yang tersebar di bumi Flobamorata seperti Manggarai, Nagekeo, Ende, Sikka, Flores Timur, Rote, Sabu, Timor, Sumba dan lainnya. Selain pakaian adat dari NTT, peserta kirab juga mengenakan pakaian adat dari berbagai daerah yag ada di seluruh Indonesia seperti Sumatera, Jawa, Bali, Sulawesi dan lainnya.
Peserta kirab Budaya ini melibatkan para siswa dari berbagai jenjang pendidikan yang ada di Kota Bajawa dan sekitarnya, para aparatur Negeri Sipil dan warga masyarakat. Untuk memperkenalkan budaya dari berbagai macam daerah baik yang ada di Nusa Tenggara Timur maupun berbagai macam daerah yang ada di Indonesia, maka Kirab Budaya tahun 2017 ini juga melibatkan berbagai komunitas dan paguyuban etnis yang ada di Kota Bajawa dan sekitarnya seperti Paguyuban Rote, Sabu, Ende, Bali dan lain sebagainya.
Kirab Budaya tahun 2017 kali ini mengambil rute yang melewati beberapa jalan utama di Kota Bajawa dengan titik start di Kantor Bupati Ngada dan finish di Lapangan Kartini. Peserta Kirab Budaya ini disambut oleh 100 penari dalam konfigurasi ja’i dari 10 sekolah dasar yang ada di Kota Bajawa dan sekitarnya.
Wakil Bupati Ngada, Paulus Soliwoa memberikan apresiasi kepada paguyuban Bali, Paguyuban Rote dan paguyuban etnis lainnya di Ngada karena yang telah menampilkan atraksi budaya sepanjang rute Kirab Budaya. Beliau menekankan bahwa dengan adanya pertunjukkan budaya dari daerah Ngada khususnya dan dari semua daerah yag ada di Indonesia umumya, sebenarnya kita memberi gambaran kepada anak-anak bangsa bahwa Indonesia kaya akan keanekaragaman dan hidup rukun satu sama lain.
Kirab budaya dari berbagai elemen masyarakat seperti komunitas sekolah dan paguyuban daerah juga dimeriahkan dengan berbagai atraksi dan pertunjukan drumban dari Seminari Mataloko dan SMPN 2 Bajawa.
(/by jack)
Categories: Berita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *