KOPTAMA Ngada segera miliki Kantor Baru.

Published by arik on

Ditandai dengan peletakan batu pertama pada Senin, 4 Maret 2019 oleh Ketua, Pengurus dan Manajer Koptama Ngada, Koperasi pensiunan ini, akan segera memiliki kantor baru.

Seperti disaksikan oleh Tim Website dan RSPD Ngada, kegiatan peletakan batu pertama diawali dengan pemberkatan lokasi kantor baru di Kelurahan Ngedukelu, tepatnya samping kantor Bupati Ngada. Pemberkatan ini dilakukan oleh Pater Hubert, dilanjutkan dengan ritual adat “Ri’a ura Ngana dan peletakan batu di beberapa titik galian pondasi oleh Ketua Koptama Frans mola, Pengurus dan perwakilan Manajemen.

Pemberkatan batu fundasi oleh Pater Hubert, didampingi Ketua Koptama Frans Mola, Pengurus Koptama Benediktus Ba’i serta Manager Hubertus Lodo.

Ketua Koptama Ngada Frans Mola dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan peletakan batu pertama ini sebagai bagian dari sejarah panjang Koptama yang telah berusia 30 tahun. Sejak berdiri tahun 1988 atas gagasan para pensiunan PNS, aktivitas koperasi terpusat di di gedung milik pemerintah.

Ritual Adat Zi’a Utama Ngana

Frans Mola berujar “Hari ini, tentu bagian dari sejarah, dengan tekad dan niat untuk miliki kantor sendiri. Kita mesti berterima kasih pada pendiri, pengawas, penasihat, pengurus dan manajemen serta seluruh anggota,atas perjuangan membangun Koptama sampai sekarang mau bangun kantor baru. Kantor baru ini nantinya akan jadi simbol bahwa Koptama tetap eksis untuk layani anggota”,.

Peletakan batu pertama oleh Ketua Koptama Frans Mola dan manajemen Koptama

Ketua Koptama juga menaruh harapan besar pada Panitia pembangunan yang diketuai Petrus Tena, agar berjalan lancar, dengan target 4 bulan dan dapat bermanfaat untuk tahun yang panjang.

Sementara itu Manager Koptama Ngada Hubertus Lodo kepada media ini menjelaskan, kantor Koptama akan berdiri di atas lahan seluas 510 M2 dan biaya pembangunan sebesar satu milyar rupiah lebih. Anggaran pembangunan kantor baru ini diperoleh dari anggota.

“Waktu Rat tahun 2017, kami manajemen dengan anggota koperasi, sepakat sumbangkan 250 ribu per anggota untuk bangun kantor ini. Sebelumnya juga ada sumbangan anggota baru 25 ribu. Semua ini dikumpul, sehingga bisa beli tanah 800 juta lebih, dengan anggaran bangun kantor satu milyar lebih, kata Huber Lodo.

Manager Koptama Hubertus Lodo

Ketika disinggung soal pengerjaan kantor baru tersebut, manager Koptama mengatakan pengerjaannya akan dilakukan swadaya oleh panitia pembangunan yang diketuai bapak Petrus Tena dan bapak Wellem Waso.Target pengerjaan 120 hari atau 4 bulan. Kantor Koptama ini dirancang lantai dua, dibagi menjadi ruang pelayanan, Adum, Manager, ruang Kredit, dan ruang PWRI. Lantai dua dimanfaatkan sebagai aula.

“Dalam rancangan, ada ruangan khusus untuk PWRI. Kenapa kami buat, karena Kopdit ini didirikan oleh para pensiunan, milik pensiunan, meski dalam perjalanan anggota koperasi ini beragam kalangan. Disini, selain koperasi, juga ada ruang bagi para pensiunan bangun komunikasi, silaturahmi, saling tukar pikiran”, lanjutnya.

Manager Koptama juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemda Ngada yang selama 30 tahun, telah meminjamkan bangunan yang dibangun Belanda tahun 1958, untuk digunakan sebagai kantor pelayanan Koptama Ngada.

Pengurus,Manajemen serta undangan.

Ia berharap, pembangunan kantor baru Koptama ini dapat berjalan lancar, sehingga seluruh anggota dapat menikmati pelayanan yang lebih nyaman dan maksimal. Manager Koptama juga menghendaki agar PNS yang masih aktif, dapat mengambil bagian menjadi anggota Koptama, mengingat roh Koptama adalah pensiunan yang saling mendukung dalam situasi dan kondisi.

Categories: Berita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *