Lembaga KPA Seminari St. Paulus -Mataloko, menyelenggarakan pelatihan Jurnalistik bagi siswa Seminaris angakatan 30, yang berlangsung selama tiga hari, yakni sejak 2 – 4 Juni 2019. Proses ini didampingi oleh Koordinator Buku Bagi NTT Kabupaten Ngada Mertin Lusi, yang juga mantan reporter LPPL RSPD Ngada.


Hal ini disampaikan oleh Rektor KPA Seminari St. Paulus – Mataloko, Pater Aloysius Roja, di sela sela kegiatannya.
Menurutnya, kegiatan ini dilakukan agar para peserta dibekali dengan cara menulis yang baik, sebelum menuju jenjang lebih tinggi di Ordo pilihannya mereka.
” Sebelum para siswa ini melanjutkan ke pendidikan lebih tinggi dan memilih Ordo sesuai hasil refleksi mereka secara pribadi, kami perlu membekali mereka dengan kemampuan menulis yang baik.,” kata pater Aloysius.


Para seminaris angkatan 30 ini berjumlah 43 orang dan berasal dari seluruh penjuru Indonesia timur diantaranya Papua, Ambon, Lembata, Maumere, Ende, Nagekeo, Ngada dan Manggarai. Mereka juga sebentar lagi akan lulus dari lembaga ini, kemudian melanjutkan ke jenjang lebih tinggi dan masuk ke biara sesuai minatnya masing -masing yakni Projo, Carmel, SVD dan CSsR.

Peserta pelatihan Jurnalistik


Sementara itu secara terpisah Narasumber pelatihan Jurnalistik, Mertin Lusi mengatakan sangat senang bisa berbagi bersama para seminaris tentang menulis.
” Saya sangat bahagia bisa berbagi apa yang bisa saya bagikan kepada teman teman, termasuk dalam karya jurnalistik, “katanya.


Dia juga mengatakan bahwa para Seminaris ini sudah keren dalam menulis dan hanya perlu situasi untuk saling menguatkan saja.

Sesi latihan Debat, sebagai bagian dari Pelatihan Jurnalistik.


Selain itu siswa seminaris Didi dan Fandi mengatakan sangat senang mendapat pelatihan Jurnalistik ini, karena bagi mereka ilmu seperti ini sangat jarang diperoleh sewaktu di bangku SMA.

Categories: Berita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terimakasih sudah mengunjungi website Kabupaten Ngada