KPUD Ngada Lanjutkan Tahapan PILKADA, Ditengah Pandemi Corona

Bagikan

KPUD Ngada pada Rabu, 17 Juni 2020 menggelar kegiatan Rakor dan Sosialisasi PKPU No 5 Tahun 2020 tentang Jadwal dan Tahapan Pemilihan di Era Pandemi. Rapat koordinasi dihadiri oleh seluruh jajaran Staf KPU Ngada, Sekda Ngada, Bawaslu Ngada, Kodim 1625 Ngada, Pengadilan Negeri Ngada, Kejaksaan Negeri Ngada, Polres Ngada, KESBANGPOLINMAS, DISDUKCAPIL, Ketua PPK 12 Kecamatan dan masing-masing Pasangan Calon.

Rakor KPUD Ngada Bersama Stakeholder Terkait

 Juru Bicara KPUD Ngada Wiess Raubata kepada Portal.ngadakab pada Rabu, 17 Juni 2020 menyampaikan, saat ini KPUD Ngada ditengah situasi pandemic Corona, tetap melanjutkan tahapan persiapan Pemilu Kepala Daerah di Ngada, sejak dikeluarkan Perpu Nomor 2 tahun 2020, tentang Pemilihan Lanjutan Pilkada 2020. Sebagaimana Pemerintah sudah mengeluarkan Perpu Nomor 2 tahun 2020 tentang Peraturan Pengganti Undang-undang tentang Perubahan Ketiga atas Undang-undang Nomor 1 Tahun 2015 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang Nomor 1 Tahun 2014 Tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota menjadi Undang – Undang, merubah hari pemungutan suara pada Pilkada serentak tahun 2020 yang awalnya tanggal 23 September 2020 menjadi 9 Desember 2020.

Jubir KPUD menjelaskan ada beberapa tahapan yang akan dilanjutkan oleh KPUD Ngada yang sempat terhenti karena situasi pandemi Corona. Tahapan yang akan dilanjutkan yakni Pengaktifan kembali peran penyelenggara Pemilu yaitu PPS dan PPK serta Sekertariat yang telah dilantik, Pelantikan dan Bimtek Verifikasi PPS di 4 Kecamatan yakni Aimere, Golewa Barat, Soa dan Riung.

Pelantikan PPS

Tahapan lainnya yang akan dikerjakan oleh KPUD Ngada yaitu melakukan Verifikasi Perseorangan mulai tanggal 24 Juni hingga 7 Juli 2020 serta Pemutakhiran Data Pemilih untuk mensinkronkan dan mengamankan data pemilih, jelang Pemilu Kepala Daerah yang akan dilaksanakan Rabu, 9 Desember 2020 mendatang.

Terkait pendaftaran Bakal Pasangan Calon Kepala Daerah, Wiess Raubata menyebutkan akan dilaksanakan pada tanggal 4 hingga 6 September 2020 mendatang.

Segala tahapan yang akan dilanjutkan oleh KPUD Ngada, tetap berpedoman pada Protokol Kesehatan yang telah ditetapkan Pemerintah.

Terimakasih sudah mengunjungi website Kabupaten Ngada