Bupati Ngada, Drs.Paulus Soliwoa bersama Indecon, melakukan Launching Kawasan Wisata Watunariwowo, Desa Beja, Kecamatan Bajawa. Launching wisata ini bertempat di Aula Setda Ngada, Rabu 24 April 2019 pukul 20.00 WITA.

Hadir pada kesempatan tersebut, Tim Indecon dari berbagai wilayah di Indonesia dan Luar Negeri sebanyak 65 orang. Launching ini dilanjutkan dengan Kegiatan Workshop Ecotourism pada,Kamis 25 April 2019,dilanjutkan dengan kunjungan ke Watunariwowo.

Bupati Ngada, Bapak Drs. Paulus Soliwoa secara resmi menerima dan menjamu seluruh peserta acara di
Kantor Bupati pada 24 April 2019. Dalam sambutannya, beliau mengatakan, “Masyarakat harus memanfaatkan peningkatan
pertumbuhan pariwisata di Flores seoptimal mungkin, dengan menciptakan produk lokal yg berkualitas”,.

Ajang Launching dan Temu Pelaku Usaha Wisata bersama Indecon ini, harus dijadikan peluang, sebagai ajang promosi daya tarik wisata Ngada agar lebih mendunia. Bupati Ngada juga berharap, pelaku pariwisata seperti hotel dan restoran, dapat pula menggunakan dan membantu mempromosikan produk hasil kreatifitas masyarakat, pada dunia Wisata.

Dalam 6 tahun terakhir, Uni Eropa dan Yayasan Ekowisata Indonesia (Indecon) bekerjasama untuk meningkatkan kemampuan masyarakat lokal, ikut berpartisipasi dalam pengembangan pariwisata dan mengembangkan jasa layanan pariwisata di Flores, melalui serangkaian proyek, yaitu INFEST (Innovative Indigenous Flores Ecotourism for Sustainable Trade in 2013-2016) dan CREATED (Creative Enterpreneurship for Accelerating Tourism and Local Economic Development in 2016-2019).

Proyek CREATED adalah kolaborasi antara Yayasan Ekowisata Indonesia (Indecon) dan mitra-mitranya  yakni Yayasan Benih Matahari (BIMA) dan Yayasan Lingkungan Hidup Seloliman (YLHS). Proyek ini dilaksanakan kawasan Mbeliling (Kab. Manggarai Barat), kawasan Ruteng (Kab. Manggarai), dan kawasan Inerie (Kab. Ngada) di Nusa Tenggara Timur; serta kota kota di Flores. CREATED memiliki dua tujuan utama, yaitu mempromosikan partisipasi yang konstruktif dan efektif dari masyarakat dalam mengembangkan kebijakan ekonomi lokal di Flores; dan meningkatkan keterkaitan kegiatan ekonomi lokal berbasis masyarakat, dengan pariwisata, untuk meningkatkan kontribusi pariwisata pada pengurangan kemiskininan serta pertumbuhan ekonomi yang adil.

Categories: Berita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terimakasih sudah mengunjungi website Kabupaten Ngada