LIGA PSN NGADA 2017 DAN REGENERASI PEMAIN

Published by Administrator on

Bajawa – Regulasi kompetisi Liga PSN Ngada 2017 yang mewajibkan tercantumnya minimal satu pemain U-19, lima pemain U-23 dan tiga pemain U-30 dalam line up klub yang akan bertanding, telah membuka mata publik sepakbola Ngada khususnya dan Nusa Tenggara Timur umumnya akan melimpah ruahnya potensi pemain muda yang ada di tanah Ngada.

Pembinaan pemain muda menjadi salah satu tujuan utama yang diterapkan dengan bergulirnya Liga PSN Ngada pada tahun 2017 ini. Lihat saja bagaimana sejumlah kontestan berupaya memenuhi kriteria regulasi tersebut dengan mengoptimalkan sejumlah pemain lokal daerah yang ada di Kabupaten Ngada.

Bahkan tim seperti Bajawa FC, yang dikenal memiliki pemain – pemain senior dengan talenta terbaik, harus memainkan pemain muda semacam Ewyn Dewa, Putra Doko, Agung Dou dan Reyn Nono.

Kondisi serupa terjadi di klub-klub lain. Bolonga FC misalnya, memboyong mantan punggawa PSN Ngada U-21, Dony Loke dan Heron Ago yang notabenenya adalah putra  asli Bolonga. Sementara itu Klub AS Raemana lebih mengedepankan peran pemain muda potensial Kiken Wea sebagai starting line up pada setiap pertandingannya.

Pemain muda lain seperti Ivan Gule dan Aven juga turut memperkuat Ratu Damai FC yang berganti nama dari Regina Pacis FC. Klub – klub lainnya seperti Takatunga FC, Soa Selatan FC dan Mengeruda FC pun terpaksa mengoptimalkan pemain – pemain mudanya yang kebanyakan masih berstatus pelajar Sekolah Menengah Atas.

Klub – klub asal Golewa Raya yang merupakan gudangnya pemain sepakbola Kabupaten Ngada seperti Merpati FC dan Fatima FC  pun terpaksa memainkan pemain- pemain muda minim pengalaman. Para pemain – pemain tersebut hanya bermodalkan skill dan kreativitas tanpa memiliki jam terbang yang cukup.

Kondisi ini memaksa pemain untuk selalu menunjukkan kualitas, skill, kreativitas dan determinasi sebaik-baiknya untuk mencapai supremasi tertinggi sekaligus menjadikan mereka sebagai pemain layak tampil di kompetisi level teratas.

Seleksi  Pemain

Tidak dapat dipungkiri bahwa regulasi ini bisa berdampak positif bagi bertambahnya pemain muda bertalenta untuk skuad PSN Ngada dan sekaligus sebagai ajang seleksi untuk mengikuti  Liga 3 Asprov NTT . Para pemain muda ini diharapkan memiliki mental bertanding yang cukup baik untuk  tampil di ajang penuh tekanan.

Untuk mengenakan Jersey PSN Ngada, pemain harus bisa menembus tim utama di level klub. Para pemain harus lebih dulu bersaing di internal klub dengan menjadi pemain yang selalu diturunkan pada setiap pertandingan.

Kompetisi Liga PSN Ngada 2017 ini diharapkan secara tidak langsung dapat mematangkan para pemain muda dalam klub masing – masing. Proses ini diharapkan dapat menjadikan pemain betul – betul siap saat tampil di kasta teratas. Kompetisi ini diharapkan mampu menghasilkan pemain-pemain dengan mental pemenang yang selalu berjuang sampai 90 menit waktu pertandingan.

Pembinaan Berjenjang

Klub PSN juga diharapkan untuk lebih berkonsentrasi pada pembinaan berjenjang dengan menggelar kompetisi di kelompok usia 15, 17, dan 19 tahun dengan lebih teratur. Dari kompetisi reguler seperti  nantinya otomatis akan tersaring pemain yang memang layak tampil di level yang lebih tinggi lagi bersama tim PSN Ngada.

Kompetisi Internal

Liga Internal PSN Ngada 2017 ini diikuti oleh 21 klub sepakbola yang ada di  Kabupaten Ngada yang tersebar di Kecamatan Bajawa, Soa, Golewa, Jerebuu, Golewa Barat dan Golewa Selatan. Klub – klub peserta kompetisi dibagi dalam 5 Grup. Klub – Klub yang tergabung dalam Grup A yaitu Wawonawa FC, Fatima FC, Anawali FC, Faobata FC,dan San Jose FC. Sedangkan Grup B terdiri dari Israel FC, Takatunga FC, Merpati FC dan Citra Bakti United. Bolonga FC, Undana FC, Moromoto FC dan Mengeruda FC bergabung dalam Grup C. Di Grup D, Julian FC, Persewa Watumanu, AS Raemana dan Turbo FC saling berjuang untuk bisa lolos ke Fase berikutnya. Sedangkan Grup terakhir yaitu Grup E, mempertemukan dua klub ibukota Kabupaten Ngada yaitu Bajawa FC dan Ratu Damai FC yang coba disaingi oleh Soa Selatan dan Langa FC. Kompetisi ini digelar dengan menggunakan format home and away dimana setiap klub menjalani dua kali pertandingan yaitu sebagai tim tuan rumah dan tim tamu. Kompetisi Liga PSN Tahun 2017 ini berlangsung dari tanggal Bulan Mei sampai dengan Bulan  Desember 2017 dimana Fase Grup sedang berlangsung saat ini . Liga PSN Ngada ini akan mengalami rehat kompetisi pada Bulan Juli seiring dengan digulirnya Liga 3 Regional Nusa Tenggara Timur di Ende.

(dari berbagai sumber/by jack)

Categories: Berita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *