Dalam rangka mendukung terwujudnya sasaran RPJMN tahun 2015-2019 yaitu Kota Tanpa Permukaan Kumuh di tahun 2019, Direktorat Jenderal Cipta Karya menginisiasi pembangunan dengan platform kolaborasi melalui Program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU). Program KOTAKU akan mendukung Pemerintah Daerah sebagai pelaku utama penanganan permukiman kumuh dalam mewujudkan permukiman layak huni dan berkelanjutan diwilayahnya.

Panitia saat membacakan laporan kegiatan.

Berdasarkan hal tersebut maka dilaksanakan Lokakarya Program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU) tingkat Kabupaten Ngada Tahun 2019. Kegiatan Lokakarya tingkat Kabupaten ini, mengacu pada kerangka strategi kegiatan Lokakarya dan koridor kontrak pendanaan kegiatan Lokakarya dari manajemen yang mencakup seluruh aspek kegiatan Lokakarya.

Peserta dalam kegiatan Lokakarya Kotaku.

Dalam laporan panitia yang disampaikan oleh Agnes. A. Lelo selaku Asosiasi Kota Community Disaster Management (Adkot-CDM) kegiatan Lokakarya ini bertujuan untuk membangun kesepahaman tentang kebijakan Program dan daerah dalam penanganan kumuh, pelaku kegiatan mampu menyusun strategi pelaksanaan Skala Kawasan dan kolaborasi, pelaku kegiatan mampu memetakan isu dan mekanisme koordinasi dan konsolidasi. Sedangkan harapan dari kegiatan ini adalah komitmen peran Pemda sebagai nahkoda dalam pencapaian 0 Ha Kumuh.

Pemaparan Materi dari Dinas Perumahan dan BP Litbang Kabupaten Ngada.

Lokakarya ini membahas kebijakan dan penganggaran penanganan Kumuh di Kabupaten Ngada. Selain itu, ada isu-isu strategis yang juga dibahas seperti perencanaan taman kota, penataan drainase dan trotoar kota Bajawa.

Kegiatan yang berlangsung di Aula BP. Litbang Kabupaten Ngada, Rabu, 13 November 2019 di buka oleh Kepala Dinas Perumahan Kawasan dan Permukiman dan Pertanahan Kabupaten Ngada serta menghadirkan peserta kegiatan dari Dinas terkait antara lain ; Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan Kabupaten Ngada , Dinas PUPR Kabupaten Ngada, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Ngada dan Para Lurah Sekecamatan Bajawa.

Categories: Berita

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terimakasih sudah mengunjungi website Kabupaten Ngada