Bupati Ngada, Drs. Paulus Soliwoa meresmikan air minum Program Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS) di Desa Wae Ia Kec. Golewa, pada hari Jumad 20 Februari 2020. Hadir pada kesempatan tersebut Wakil Ketua DPRD Ngada, Pimpinan PD, dan warga masyatakat Desa Wae Ia.

Bupati Ngada didampingi oleh Kades Wae Ia saat disambut di Desa Wea Ia.

Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman Kab.Ngada, Ir. Eri Killa dalam laporannya menyampaikan pelaksanaan Program PAMSIMAS tahun 2019 di Desa WaeIa terdiri dari : kegiatan peningkatan kapasitas berupa promosi kesehatan masyarakat, promosi kesehatan di Sekolah, pelatihan tim pokja dan pelatihan Badan Pengelola Sarana. Untuk pembangunan PAMSIMAS berupa : pembangunan bak penangkap, bak pengumpul, dan pompa hidran diameter 3 inch, pipa transmisi 200 m, rehab reservoir kapasitas 40 m3 sebanyak 1 buah dan pemasangan pipa distribusi 3.750 m. sedangkan untuk pekerjaan pasangan sambungan rumah 24 unit.

Bupati Ngada dalam acara peresmian air bersih.

Kepala Desa Waeia, Lorens Roga,SH dalam sapaan selamat datang menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bupati Ngada yg telah mendukung pembangunan di desa melalui berbagai kegiatan pembangunan.

Masih dalam rangkaian kegiatan ini, Wakil ketua DPRD Ngada, Petrus Ngabi dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan terima
kasih kepada warga masyarakat Desa Waeia yg telah berpartisipasi.

Wakil Ketua DPRD Ngada dalam acara peresmian air bersih.

Selanjutnya, Bupati Ngada, Drs. Paulus Soliwoa dalam sambutannya mengatakan bahwa pembangunan sarana dan pelayanan air bersih merupakan salah satu target pembangunan di Kab.Ngada yaitu Wae Gibho Gabho. Menurut Bupati Paulus, air bersih yg dinikmati masyarakat hari ini telah melalui sebuah proses panjang. Air yg bersumber dari mata air Waeia memiliki debit yg cukup besar yaitu 200 liter per detik yg dapat dinikmati oleh 5 desa di sekitarnya jg. Oleh karena itu, beliau berharap Pemerintah Desa dan seluruh komponen masyarakat dapat menjaga dan memeliharanya dengan baik. Bupati Paulus juga menyampaikan terima kasih kepada Kepala Desa dan masyarakat yang telah berpartisipasi dalam pembangunan di desa. Di akhir sambutan Bupati menyampaikan bahwa Pemerintah akan menyusun Master Plan Air Bersih Waeia agar pembangunan dapat terkoordinasi dan dinikmati oleh warga masyarkat di lima desa Kec.Golewa.

Rangkaian ritual adat dalam proses peresmian air bersih di Desa Wae Ia.

Acara peresmian berlangsung sangat meriah diiringi tarian jai dan drumban siswa/i SMAK St.Thomas Mataloko.(cc Moi Nitu Anastasia)

Categories: Berita

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terimakasih sudah mengunjungi website Kabupaten Ngada