Lindi (Ngada) – Peta pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer tingkat SMP di Kabupaten Ngada memang beragam. Di Kecamatan Riung Barat, para peserta UNBK harus berangkat menuju pusat kota Bajawa untuk bisa mengikuti UNBK tingkat Nasional.

Server UNBK

Cukup lama memang SMPN 2 Riung yang berada di Kecamatan Riung Barat ini tidak memiliki perangkat Komputer yang memadai. Di tahun 2019, Bidang Sekolah Menengah Pertama pada Dinas Pendidikan Kabupaten Ngada mengalokasikan sejumlah perangkat Teknologi Informasi dan Komunikasi bagi SMPN 2 Riung untuk menunjang kemampuan Sekolah tersebut dalam menyelenggarakan Ujian Nasional Berbasis Komputer.

Maka, ketika mendapat bantuan sarana ini, warga Riung Barat boleh berharap ini menjadi awal pelaksanaan UNBK tingkat SMP di wilayah kecamatan tersebut. Sekolah itu bernama SMPN 2 Riung yang berlokasi di Desa Benteng Tawa, Kecamatan Riung

Perangkat komputer yang baru

Pada perhelatan UNBK tahun 2019 yang telah berlalu, 75 peserta UNBK asal SMPN 2 Riung harus mengikuti kegiatan UNBK di sekolah SMA Negeri 1 Bajawa .

Komputer Klien

Satu kendala yang utama adalah tidak tersedianya pasokan arus listrik yang memadai mengingat instalasi jaringan listrik belum sampai ke bangunan sekolah tersebut meskipun sekolah sudah menyiapkan Genset. Kendala lain yang juga dihadapi oleh sekolah ini adalah tidak adanya akses sinyal internet mengingat daerah ini masuk dalam kategori blankspot area dimana tidak terdapatnya sinyal jaringan seluler yang ada di daerah tersebut.

Switch/Hub

Dengan adanya bantuan perangkat TIK yang diberikan berupa 1 Buah server, 18 buah PC All In One, 1 Buah Switch 24 Port, 1 Buah Router,19 Buah Headset dan 1 Roll Kabel UTP , SMPN 2 Riung diharapkan secara bertahap bersiap untuk menggelar UNBK mandiri. (ByJackNuwaFeto)

Categories: Berita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *