Tampilan Website Situng KPU, untuk mengakses hasil perhitungan suara.

Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Ngada, mulai besok,(Jumad/19/2019) akan merilis secara bertahap, hasil penghitungan suara yang telah dilakukan di KPPS. Rilis hasil hitung ini untuk semua pemilu, baik DPRD Kabupaten/kota, DPRD Propinsi, DPD, DPR pusat dan Pemilu presiden/wakil.

Jubir KPUD Ngada Wiess Raubata pada Media ini,di sela kegiatannya mengecek penerimaan logistik balik di PPK Bajawa mengatakan, masyarakat dapat mengakses hasil real penghitungan suara, di Website  Situng KPUD Ngada, mulai malam ini.

Data ini berdasarkan entri Model C1, sementara dan belum final. Jika terdapat kesalahan pada model C1 akan dilakukan perbaikan pada proses rekapitulasi di tingkat atasnya.
Hasil final dan mengikat adalah pleno.
Kalaupun perubahan terjadi disetiap pleno, Itupun terjadi human error, yang kecil prosentasenya.
Nanti setiap tingkatan pleno akan terakses hasilnya, dari PPS, PPK hingga KPU.

” Malam ini, semua tim KPU yang bertugas di lapangan, sudah kantongi formulir C1, dan Tim Web kami langsung menginput di aplikasi Situng. Data hasil penghitungan yang masuk memang bertahap, karena belum semua KPPS menyelesaikan rekapan. Namun kami pastikan, malam ini semua rekapan final di KPPS dan jika tidak ada hambatan, semua logistik dari KPPS sudah berada di PPK”, kata Wiess (Kamis, 18/4/2019)

Ketua KPUD Ngada Stanislaus Neke dan Jubir KPUD Ngada Wiess Raubata.

Proses rekapan di semua KPPS memang memakan waktu yang lama, karena terlalu banyak format yang harus di salin, hampir 107 eksemplar untuk berbagai pihak.

Secara regulasi dan teknis, jadwal pleno di PPK baru akan dilaksanakan pada 22-27 April. Dan pleno KPU pada tanggal 4 Mei. Namun rilis hasil penghitungan di Website Situng KPU Ngada adalah resmi dan sah.

Wiess Raubata menegaskan bahwa meskipun hasil hitung suara sudah bisa diakses di Website resmi KPUD Ngada, namun untuk informasi perolehan kursi dan Caleg mana saja yang lolos berdasarkan hasil rumus hitung KPU, baru akan disampaikan secara resmi di Pleno KPUD Ngada.

Hingga berita ini diturunkan, baru Kecamatan Inerie yang telah menyelesaikan proses di KPPS dan logistik seluruhnya telah berada di PPK. Sementara kecamatan Bajawa, sudah menerima logistik balik dari 11 PPS, dan Kecamatan lainnya masih dalam proses penyelesaian, dipastikan malam ini semua logistik sudah berada di PPK.

Logistik masuk di PPK Kecamatan Bajawa.

 

Categories: Berita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *