OBYEK MATA AIR PANAS SOA MULAI BERAKTIFITAS KEMBALI DI ERA NEW NORMAL COVID-19

Bagikan

Obyek wisata air panas Soa, terletak di Desa Mengeruda Kecamatan Soa, berjarak 25 Km dari Kota Bajawa dengan waktu tempuh 30 menit. Lokasinya sangat strategis dekat dengan bandara Soa.
Sejak Negeri kita Indonesia masuk sebagai daerah pandemic Covid-19, semua obyek wisata ditutup dan untuk Kabupaten Ngada baru dibuka kembali pada tanggal 4 Juli 2020 dengan pemberlakuan protokoler covid-19.

Saat tim Website Ngada berkunjung ke obyek wisata air panas Soa, Minggu 26 Juli 2020, petugas loket Benediktus Podhi menyampaikan bahwa kunjungan wisatawan hanya terbatas wisatawan domestic baik dewasa maupun anak-anak dengan rata-rata pengunjung sekitar 300 – 400 orang pada hari Sabtu dan Minggu atau pada hari libur lainnya. Tarif masuk ke obyek ini untuk pengunjung domestic dewasa Rp. 10.000,- anak-anak Rp. 5.000,- untuk Wisatawan Mancanegara dewasa Rp. 20.000,- dan anak-anak Rp. 10.000,-

Saat ini, pengunjung berasal dari Kabupaten Ngada, Nagekeo, Ende dan Manggarai sedangkan dari mancanegara belum ada. Salah satu pengunjung asal Ende yang biasa disapa Erik saat diwawancara mengatakan bahwa Ia bersama keluarga tertarik untuk datang ke lokasi ini untuk mandi/relaxsasi dan menghilangkan kepenatan setelah seminggu bekerja.Untuk protokoler covid, disediakan sarana cuci tangan dan pengunjung wajib pakai masker. Pantauan tim masih ada pengunjung yang belum mencuci tangan saat masuk dan yang tidak membawa masker dapat membeli di kios terdekat. Salah satu pemilik Kios bapak Armin Roga saat diwawancara mengatakan bahwa pendapatan mereka menurun drastis sejak bulan Maret 2020, dan setelah dibukanya obyek ini hanya berkisar 100 – 200 ribu rupiah disaat ramai pengunjung. Harapan para pelaku usaha, Pemerintah dapat menyediakan tempat yang layak untuk aktifitas usaha mereka dan dapat memfungsikan Museum Geologi yang berada di lokasi Wisata Air Panas Mengeruda.
(CC Anastasia Moi)

Terimakasih sudah mengunjungi website Kabupaten Ngada