Bajawa – Kabupaten Ngada memiliki banyak potensi wisata yang bisa disebutkan antara lain potensi pariwisata alam (keindahan alam)  yakni Taman Wisata Alam Laut  antara lain wisata Diving Taman Alam Laut 17 Pulau, Pasir Putih Pulau Rutong, Pulau Kelelawar, Reptil Varanus Riungnensis, Wisata Daerah Pegunungan Manulalu, Wisata rekreasi Gunung Wolobobo, Wisata Pemandian Air Panas Mengeruda, Air Panas Malanage dan Air Panas Boba serta yang terakhir saat ini, Spot Rekreasi Wisata Gunung Wolongadha dan Wisata Bukit Watunariwowo. Wisata Budaya, Kampung Adat Bena, Kampung Adat Tololela, Kampung Adat Gizi; Pesta Adat Reba, Acara Adat Sagi (Tinju Adat). Wisata Rohani, Patung Bunda Maria Ratu Semesta Alam Wolowio, Taman Kerahiman Lengkosambi. Hal ini disampaikan oleh Bupati Ngada, Drs. Paulus Soliwoa dalam sambutannya pada Acara Temu Jaringan Ecowisata sekaligus Launching Obyek Wisata Watunariwowo di Aula Setda Ngada pada hari Rabu, 24 April 2019.

Pariwisata mempunyai banyak manfaat bagi masyarakat dari berbagai aspek antara lain dari manfaat pariwisata dari segi ekonomi, sosial, dan budaya. Pariwisata adalah aset negara dan daerah yang memiliki peranan penting bagi pertumbuhan dan perkembangan ekonomi di suatu Negara atau daerah. Daerah wisata adalah salah satu tujuan wisata yang saat ini banyak dinikmati oleh para wisatawan. Dari potensi-potensi wisata di Ngada seperti yang saya sebutkan, disatu pihak, kita dihadapkan dengan peningkatan jumlah kunjungan wisatawan baik wisatawan mancanegara maupun wisatawan domestik. “Di lain pihak, kita menghadapi persoalan yakni  sarana dan prasarana pendukung antara lain, sarana jalan, hotel, rumah makan, perahu wisata yang belum memadai atau belum mendukung potensi wisata yang kita miliki. Sarana dan prasarana yang kita miliki saat ini masih harus ditingkatkan kuantitas dan kualitasnya.  Oleh karena itu, saya mengharapkan dukungan dari semua pihak dan elemen pembangunan di daerah ini, terkhususnya para pemerhati dan pelaku pariwisata untuk terus bersama pemerintah mengerakkan upaya-upaya promotif bagi potensi potensi wisata di daerah ini” Lanjut Bupati Ngada dalam sambutannya.

Pemerintah Daerah Kabupaten Ngada berharap pengembangan potensi wisata alam, wisata budaya, wisata Rohani terus mendapat perhatian dari semua pihak atau elemen masyarakat di daerah ini. “Saya menyampaikan apresiasi dan terima kasih yang setinggi-tinggi kepada para pihak, terutama pihak swasta yang telah dengan caranya masing-masing mempromosikan potensi-potensi pariwisata di Kabupaten Ngada. Saya juga berharap dinas terkait yakni Dinas Pariwisata untuk terus melakukan berbagai kegiatan terutama kegiatan-kegiatan promotif terhadap potensi pariwisata kita. Kita akan terus mendorong dari aspek regulasi, kebijakan dan anggaran untuk kegiatan kepariwisataan” tambah Drs. Paulus Soliwoa di akhir sambutannya.

Acara Temu Jaringan Ecowisata dan Launching Obyek Wisata Watunariwowo juga dihadiri oleh Forkompimda Ngada, Pejabat Dinas Pariwisata Provinsi NTT, Manajemen Indecon, Direktur Badan Otorita Pariwisata Labuan Bajo,sejumlah Kepala Perangkat Daerah Lingkup Setda Ngada, dan para Tour Operator serta sejumlah penggiat Desa Wisata se-Indonesia.

(source:ADMAS SETDA NGADA)

Categories: Berita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *