PANEN RAYA KACANG KEDELAI

Published by Administrator on

Soa – Dua hektar kacang kedelai hasil penangkaran di Kecamatan Soa, telah dipanen pada hari Kamis 4 April 2018. Kegiatan panen raya ini dilakukan di lahan milik Aloysius Soa, yang juga merupakan salah satu anggota DPRD Ngada. Panen kedelai ini merupakan kegiatan perdana, karena selama ini masyarakat setempat hanya fokus memproduksi tanaman padi. Budidaya kedelai ini adalah terobosan guna mendukung program pemerintah dalam rangka swasembada PAJALE (padi, jagung dan kedelai).

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Ngada, Paskalis Wale Bai yang turut hadir dalam kegiatan panen perdana kedelai tersebut mengatakan bahwa budidaya tanaman kedelai memang baru dilakukan di Kecamatan Soa. Menurutnya, selama ini tanaman kedelai di Kabupaten Ngada lebih banyak dibudidayakan di daerah dataran tinggi seperti di Kecamatan  Bajawa dan Golewa. Namun sejauh ini, berkat kerjasama yang baik dari dinas pertanian maupun pendamping penyuluh pertanian sehingga petani mulai membudidayakan. Panen perdana ini sebagai bukti bahwa Kecamatan Soa  berpotensi mengembangkan areal benih maupun usaha budidaya kedelai. Dengan demikian, ngada bisa menghasilkan benih kedelai berlabel sendiri dan berdampak pada ekonomi msyarakat.

Sementara itu, pemilik lahan, Aloysius Soa menambahkan bahwa kedelai yang ditanam di atas lahan seluas dua hektar itu adalah program menangkar benih dalam mendukung ketersediaan benih di tingkat lokal. Dengan tersedianya benih tangkaran , diharapkan ada ketersediaan benih bagi masyarakat untuk kelanjutan program UPSUS. Lahan panen kedelai ini terletak  di Poma Bhawa, Desa Tarawali Kecamatan Soa.

( NewsSource:MerlynIjuLalu )

Categories: Berita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *