PASAR MALAWARU BAJAWA UTARA RESMI BEROPERASI

Bagikan

Watukapu(Ngada) – Pasar Rakyat Malawaru Kecamatan Bajawa Utara resmi beroperasi sejak tanggal 14 Oktober 2020 yang ditandai dengan serangkaian acara seremonial adat oleh Tokoh Adat setempat, Hendrikus Lengi dan pengguntingan pita oleh Asisten Bidang Perekonomian, Hieronimus Reba Watu yang mewakili Pjs. Bupati Ngada.

Dalam sambutannya, Hieronimus Reba Watu menyampaikan bahwa Pasar adalah tempat pertemuan antara penjual dan pembeli untuk menyediakan barang-barang konsumsi dan produksi yang dibutuhkan oleh pembeli dan pasar juga berfungsi sebagai sarana sosial yang merupakan momen interaksi antar masyarakat, sehingga di tengah masa pandemi Covid tetap memperhatikan dan mentaati protokol kesehatan. Karena itu, masyarakat harusmemanfaatkan keberadaannya secara optimal demi peningkatan pendapatan masyarakat.

Sementara itu, Camat Bajawa Utara, Yohanes Nday dalam gambarannya menyampaikan bahwa Pasar Malawaru adalah satu-satunya pasar yang berada di Kecamatan Bajawa Utara, karena itu Camat Bajawa Utara menyampaikan terima kasih kepada pemda yang telah mengalokasikan anggaranuntuk pembangunan pasar.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Seksi Saran Pasar mewakili Kepala Dinas Koperasi,UMKM dan Perdagangan dalam laporannya menyatakan bahwa Pasar Malawaru dibangun dengan menggunakan Dana DAK Tahun 2019. Pasar dibangun di atas lahan seluas ± 2 ha yang dihibahkan oleh Ketua Suku Ngusu dan Suku Mana Tena. Pada operasi perdananya, terdata jumlah pedagang sebanyak 54 pedagang yang terdiri dari 22 pedagang sayur-sayuran dan sembako serta 32 pedagang dengan jualan pakaian, elektronik dan barang kebutuhan pertanian serta alat-alat rumah tangga. Pasar ini akan beroperasi setiap hari Rabu dalam seminggu. Selain itu, sehubungan dengan fasilitas pasar yang masih dibutuhkan yaitu fasilitas penunjang seperti pelataran parkir, instalasi air dan listrik,jalan keluar masuk pasar dan pagar pengaman.

Kegiatan Peresmian Pasar Malawaru ini dihadiri oleh sejumlah pimpinan Perangkat Daerah, Babinsa, Kapospol Sub Sektor Bajawa Utara, para Kepala Desa se-Kecamatan Bajawa Utara, Tokoh Adat dan Tokoh masyarakat serta masyarakat sekitar. (Peliput:Dra.M.Y. Efrida Bha)

Terimakasih sudah mengunjungi website Kabupaten Ngada