Pasar Rakyat Lengkosambi Timur diresmikan

Bagikan

Pasar Rakyat yang dibangun sejak tahun 2019 telah diresmikan oleh Asisten Administrasi Perekonomian dan Pembangunan pada Setda Ngada mewakili Bupati Ngada, pada hari Jumad, 2 Oktober 2020 sekaligus pasar perdana. Acara dihadiri oleh Perangkat Daerah terkait, Camat Riung beserta perangkat, Kades Lengkosambi Timur, Kepala UPTD Puskesmas Lengkosambi dan staf serta para tokoh masyarakat dan undangan lainnya.

Acara pengresmian diawali dengan pengguntingan pita oleh Asisten dan ritual adat para tokoh adat serta dilanjutkan dengan tatap muka bersama tokoh masyarakat. Acara tatap muka diawali dengan laporan panitya yang disampaikan oleh Kabid Perdagangan pada Dinas Koperasi,UKM dan Perdagangan Kabupaten Ngada, Elvira Constantia,SE. Dalam laporannya, Elvira menyampaikan bahwa Pasar rakyat dibangun dari sumber dana DAK 2019 yang merupakan aspirasi masyarakat guna menjawabi kebutuhan akan sarana perdagangan guna menjual potensi ekonomi yang ada di wilayah Kabupaten Ngada umumnya dan kecamatan Riung khususnya. Menurut beliau, pasar tersebut merupakan Pasar Mingguan yang beroperasi setiap hari Jumad dengan dukungan sarana berupa 3 buah los pasar dan sebuah MCK.

Selanjutnya, Kades Lengkosambi Timur, Laurensius Ranu, dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemda Ngada beserta jajarannya yang telah berjuang sehingga pasar tersebut dapat dibangun dan beroperasi. Harapan beliau, kekurangan seperti listrik, air, jalan masuk pasar, pagar keliling dalam rangka penertiban ternak yang berkeliaran dan drainase dapat dibangun oleh Pemda Ngada.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Ngada,Hieronimus Reba Watu dalam sambutannya mengatakan bahwa pasar rakyat Lengkosambi yang dibangun sejak tahun 2019 baru diresmikan pada hari ini disebabkan karena sejak Maret 2020 kita mengalami pandemic covid 19 sehingga semua aktifitas difokuskan dalam penanganan covid-19. Menurut Nimus, Pemerintah mempunyai tekad untuk bangkit dan memulai beraktifas dalam era new normal covid-19 salah satunya melalui kegiatan perdagangan dengan mematuhi protokoler Kesehatan.

Diakhir sambutan, beliau menghimbau kepada seluruh warga masyarakat Lengkosambi Timur agar menggunakan pasar tersebut, menjaga kebersihan dan keamanan pasar serta memanfaatkan lahan yang belum difungsikan dengan tanaman yang sesuai dengan kondisi alam antara lain budidaya anggur yang telah didampingi oleh Pemda Ngada. Kedepan diharapkan Pasar Rakyat Lengkosambi dapat menjadi Pasar ternak dan Anggur di Wilayah Kabupaten Ngada.(Moi Nitu Anastasia,SE,M.AP)

Terimakasih sudah mengunjungi website Kabupaten Ngada