Sebanyak 25 anggota DPRD Ngada terpilih, resmi dilantik dan diambil sumpah oleh Ketua Pengadilan Negeri Bajawa Herbert Harefa, pada Rabu, 28 Agustus 2019 di ruang sidang DPRD Ngada. Acara pelantikan ini dihadiri oleh Bupati Ngada Paulus Soliwoa, Ketua Pengadilan Tinggi Negeri Bajawa, Ketua Kejaksaan Negeri Bajawa, Kapolres Ngada, DPRD Periode 2014-2019 serta keluarga dan undangan lainnya.

Mengambil sumpah Anggota DPRD Ngada Periode 2019-2024.

Ketua DPRD Ngada periode 2014 – 2019, Helmut Waso dalam sambutan pembukanya menyampaikan, selama masa pengabdian anggota DPRD periode 2014-2019, banyak hal yang sudah dilakukan oleh DPRD sebelumnya yang akan segera mengakhiri masa tugas. Pelaksanaan kewajiban untuk menjawab aspirasi masyarakat Ngada telah dilakukan. Meskipun disadari, banyak hal yang belum sempat terbenahi dan diselesaikan. Untuk itu, ia mengharapkan kepada DPRD baru, agar dapat melanjutkan tugas pelayanan kepada masyarakat Ngada.

Lanjutnya, diawal masa jabatan dari tahun 2014, DPRD yang ada melaksanakan berbagai kegiatan legislative yaitu rapat-rapat baik internal dewan maupun dengan OPD pemerintah, Dialog Interaktif dengan eksekutif, Dialog komunikatif dengan kelompok masyarakat, Kunjungan kerja serta kegiatan Reses untuk menampung aspirasi masyarakat. Dari hasil kegiatan Dewan masa 2014 – 2019, dalam menjalankan tugas dan kewenangannya telah menghasilkan sebanyak 93 buah keputusan DPRD, 29 buah Perda persetujuan, Perda inisiatif DPRD sebanyak 5 Perda, 9 buah Keputusan Pimpinan DPRD dan 31 keputusan DPRD bersama Kepala Daerah.

Penyerahan memori jabatan oleh Wakil Ketua Periode 2014-2019 kepada Wakil Ketua Sementara DPRD Kabupaten Ngada.

Bupati Ngada,Drs. Paulus Soliwoa dalam acara pelantikan tersebut membacakan sambutan Gubernur NTT yang menegaskan berbagai masalah yang dihadapi daerah ini dan perlu mendapat perhatian bersama untuk segera diatasi diantaranya : Kemiskinan, Perumahan Tidak Layak Huni, Stunting, Ketenagakerjaan, Pendidikan, Kesehatan, Pertanian, Peternakan, Pertambangan dan berbagai masalah sosial lainnya.

Paulus Soli juga menambahkan, sinergi antara Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur dan Pemerintah/Kota dalam mengatasi persoalan ini tentunya menjadi komitmen bersama, termasuk Bapak/Ibu Anggota Dewan dalaam menjalankan fungsi Dewan untuk bersama Bupati dalam mengelola sumber daya yang ada, terutama APBD Kabupaten secara efektifdan efisien untuk mencapai perbaikan atas persoalan-persoalan ini.

Sebagaimana diketahui, anggota DPRD sesuai Dapil masing-masing sebagai berikut :

Dapil I Ngada :
PKB, Bernadinus Dhey Ngebu SP).
PDIP, (Frederikus Pati Wasi).
Golkar, (Stanislaus Pati ST MT).
Nasdem, (Mari Yohanes S.sos).
Perindo, (Syrilus Pati Wuli S.Ag).
PAN, (Yulius Hermenegildus Kila Moi S.sos).
Dapil II Ngada :
PKB, (Richardus Bhara SH).
PDIP, (Marianus Kila).
Golkar, (Helarius Muga).
Nasdem, (Moses Jala SS.M.Ed).
Perindo, (Kasmirus Pili).
PAN, (Petrus Ngabi).
Dapil III Ngada :
PKB, (Blandina Mamo SE).
Nasdem, (Josep Bei A.Ma).
Perindo, (Thomas Djawa).
Hanura, (Marselinus Nau).
Dapil IV Ngada :
PDIP, (Donatus Madhu S.Sos).
Perindo, (Kristoforus A. Seno S.Pd).
PAN, (Yohanes Don Bosko Ponong S.Pd).
Demokrat, (Heribertus Paskalis Mane).
Dapil V Ngada :
PKB, (Raymundus Bena SS.M.Hum).
PDIP, (Aloysius Soa).
Golkar, (Johanes Sui BA).
PAN, (Matias Rema Esi).
Demokrat, (Irenius Wale).

Categories: Berita

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terimakasih sudah mengunjungi website Kabupaten Ngada