Hari Jumad, 5 April 2019, seluruh Ketua KPPS di Kabupaten Ngada dilantik. Juru bicara KPUD Ngada,Wies Raubata, yang dikonfirmasi RSPD Ngada membenarkan hal tersebut. Menurutnya, Pelantikan ketua KPPS dilakukan serentak hari ini oleh seluruh PPS. Sedangkan Anggota KPPS akan dilantik pada hari H, sebelum pencoblosan, oleh Ketua KPPS, bersama dua petugas Linmas. Hal ini berdasarkan regulasi PKPU nomor 3 Tahun 2019. DiKabupaten Ngada, ada 451 TPS

Seperti terpantau di Kelurahan Ngedukelu, Ketua PPS Kelurahan Ngedukelu, Jefrianus Rewo, melantik dan mengambil sumpah 6 Ketua KPPS di wilayah tugas Ngedukelu, Pelantikan ini berlangsung di aula kantor Lurah Ngedukelu, jumad 5 April 2019.

Dalam sambutan pembuka, Lurah Ngedukelu Yoseph Longa di hadapan Ketua KPPS terlantik dan Anggota KPPS , mengingatkan agar KPPS Ngedukelu bekerja berdasarkan aturan dan regulasi yang dikeluarkan KPU dan menguasai teknis pemungutan dan penghitungan suara. Para KPPS ini adalah garda terdepan pada hari pemungutan suara 17 April 2019, diingatkan untuk bekerja jujur dan cermat, demi menyukseskan Pesta Demokrasi Pemilu Nasional 2019.

Ketua KPPS Ngedukelu yang dilantik yakni Drs, Kila Thobias 
Ketua KPPS TPS 1,Dominikus Doy Redo Ketua KPPS TPS 2, Laurensiana Milo Sadha Ketua KPPS TPS 3, Adrianus Dopo Ketua KPPS TPS 4, Dominikus R.D.M Loke Ketua KPPS TPS 5 dan Nelwan Netoseso Ketua KPPS TPS 6.

Sementara itu, Anggota PPS Ngedukelu, Maria Inviolaa Kelo, di sela-sela kegiatan pelantikan tersebut menjelaskan Jumlah Pemilih di DPT PPS Ngedukelu sebanyak 1608 pemilih, tersebar di 6 TPS. Sebelumnya PPS Ngedukelu teralokasi 4 TPS, namun di PILNAS kali ini dipecah menjadi 6 TPS. Untuk DPTB atau Pemilih tambahan, masih diperpanjang hingga H-7 sebelum Pemilihan. Menurut Inn Kelo, Mengingat wilayah PPS Ngedukelu memiliki mobilisasi penduduk cukup tinggi, mengharuskan PPS bekerja ekstra untuk terus memantau dan memastikan setiap pemilih terdata dan terakomodir sebelum hari pemilihan. Petugas KPPS yang dipilih terdiri dari unsur ASN, Guru dan swasta, yang dinilai memiliki kemampuan, kualitas, dan berintegritas.

Setelah pelantikan, Ketua dan anggota KPPS akan mengikuti Bimtek bersama KPU. H-3 sebelum tanggal pencoblosan, KPPS harus sudah melakukan pembagian format C-6 kepada pemilih dan bertugas di hari pencoblosan hingga masa penghitungan suara berakhir.

Pelantikan Ketua KPPS juga terjadi di Kelurahan Faobata, oleh Ketua PPS Getrudis Mude. Pelantikan ini diikuti oleh 6 Ketua KPPS, anggota KPPS, Sekertasis Lurah Faobata, Romanus Wake dan staf, serta undangan lainnya. PPS Faobata mengakomodir 1551 pemilih di DPT, yang tersebar di 6 TPS se- Kelurahan Faobata.

Categories: Berita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *