Bagikan

Bupati Ngada, Paru Andreas, SH,MH. dan Raymundus Bena, SS.M.Hum. bersama unsur Forkompinda dan Ketua Pengadilan Negeri Bajawa serta beberapa Pimpinan Perangkat Daerah serta para Camat menghadiri Kegiatan Musrenbang RKPD Tahun 2022 dan Rembug Stunting Tahun 2021 Tingkat Kabupaten Ngada, pada hari, Kamis, 8 April 2021 di Aula BP-Litbang Kabupaten Ngada.

Pada acara pembukaan tersebut, Ketua DPRD Kabupaten Ngada, Bernadinus Dhey Ngebu menyampaikan sambutan dan sekaligus menyerahkan Pokok-Pokok Pikiran DPRD hasil Reses anggota DPRD Ngada kepada Bupati Ngada untuk menjadi input perencanaan pembangunan di tahun 2022.

Pada sambutannya, Ketua DPRD Ngada Berni Dhey, menyampaikan beberapa hal yakni, Forum Musrenbang merupakan moment untuk membangun konektivitas dan kolektivitas Perencanaan dan Penganggaran di Kabupaten Ngada dalam rangka mensukseskan visi Pembangunan Kabupaten Ngada yakni, “Terwujudnya Masyarakat Kabupaten Ngada yang Unggul, Mandiri dan Berbudaya Berbasis Pertanian dan Pariwisata Berwawasan Lingkungan”. Pendekatan partisipasi masyarakat sangat dibutuhkan untuk memastikan terjawabnya kebutuhan dan harapan masyarakat.

Selain itu Berni Dhey Ngebu juga mengharapkan hal-hal yang dibahas dalam Musrenbang akan dirumuskan menjadi isu strategis pembangunan daerah untuk menjadi perhatian dalam pelaksanaan pembangunan Kabupaten Ngada.

Masih dalam kegiatan Musrenbang dala sambutan, Bupati Ngada menyampaikan
Forum Musrenbang ini merupakan sebuah siklus perencanaan yang tersistem dalam suatu Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional yakni yang dimulai dari tahapan Perencanaan, Penganggaran, Pelaksanaan dan Evaluasi yang telah diawali mulai dari tingkat Dusun, Desa dan Kecamatan. Musrenbang merupakan momentum strategis untuk pembangunan Kabupaten Ngada Tahun 2022 yang akan dituangkan di dalam dokumen RKPD Tahun 2022.

Bupati Andreas juga menegaskan bahwa semua pembahasan dalam forum Musrenbang ini diharapkan focus pada Bingkai Tante Nela Paris untuk Tuka, Tuku dan Teka.

Diakhir sambutannya Bupati Andreas mengucapakan terimakasih kepada semua pihak secara khusus; TNI, Polri, PLN, Telkomsel, BPBD, Satpol PP & Kebakaran, seluruh ASN, unsur kecamatan dan masyarakat yang telah berpartisipasi aktif memberikan kontribusi dalam penanganan bencana alam di Kabupaten Ngada.

Pantaun media, kegiatan Musrenbang ini berjalan dengan baik dan lancar dan tetap memperhatikan Protokoler kesehatan karena dibagi dibeberapa tempat untuk setiap peserta untuk menghindari kerumunan masa diantaranya di Aula BP-Litbang, Kantor BP-Litbang, Aula Kopdit Sangosay Bajawa yang dihadiri peserta Rembug Stunting Tahun 2021 dan di Dinas masing-masing secara Virtual.