PEMDA NGADA MELAKUKAN PENANDATANGANAN MOU PERCEPATAN PEMBANGUNAN PERTANIAN RAMAH LINGKUNGAN

Published by merlyn on




Foto Bersama Plt. Bupati Ngada bersama Dir. CV Suluh Lingkungan Konsultan, usai penandatanganan MOU. Turut hadir Penjabat Sekda Ngada Hironimus Reba Watu, Asisten 1 Emanuel Dopo, Kepala Dinas Pertanian Paskalis Wale dan Pastor Paroki Wolowio Romo Kletus.

Pemerintah Kabupaten Ngada melakukan kegiatan penandatanganan MOU bersama CV. Suluh Lingkungan Konsultan, terkait Pengembangan Program Pertanian Go Organik,pada Selasa, 9 Januari 2019 di Ruang Plt. Bupati Ngada.Penandatanganan nota kesepahaman tersebut dilakukan Plt. Bupati Ngada Paulus Soliwoa dan Managing Director CV Suluh Lingkungan Adrianus Lagus. Disaksikan Plt. Sekda Ngada Hironimus Reba Watu serta Para Pimpinan OPD.

Plt. Bupati Ngada dalam sambutannya, memberi apresiasi atas kerjasama yang dibangun dan berharap usai penandatanganan nota kesepahaman, akan dilanjutkan dengan Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan dinas terkait, sehingga sinergi dalam mewujudkan program Go Organic secara luas dapat tercapai. Menurutnya, Program Pertanian Go Organik ini telah Diluncurkan oleh Pemda Ngada sejak tahun 2017 oleh Dinas Pertanian Kabupaten Ngada. Hal ini sebagai upaya perhatian Pemerintah Daerah atas bahan pangan yang dikonsumsi masyarakat Ngada saat ini, tidak memenuhi standar kesehatan akibat tingginya penggunaan pestisida dan pupuk kimia, yang tidak hanya merusak kesehatan manusia namun juga mengancam ekosistem lingkungan.

Sementara itu, Direktur CV Suluh Lingkungan Konsultan Adrianus Lagur dalam kesempatan yang sama menjelaskan  bahwa kehadiran CV Suluh Lingkungan Konsultan  sebagai penyedia jasa konsultasi dengan kekuatan pada Teknologi Ramah Lingkungan. Menurutnya, di Propinsi NTT pada umumnya saat ini tengah marak menggerakan program Pertanian Go Organik, namun hanya sebatas pada penggunaan pupuk organic pada tanaman. Semestinya, Ruang Lingkup pertanian Organik bukan hanya Pupuk Organik namun Keseluruhan Teknologi Tepat Guna yang ramah lingkungan, sehingga menghasilkan Pertanian Go organic, Go green dan Go Clean. Dalam pertanian Organik, semestinya harus bebas sampah plastic, penggunaan air bersih dan perilaku lingkungan yang bersih.Jika sudah menghasilkan pupuk organik, memenuhi syarat go clean dan go green, maka akan ramah lingkungan. Ramah lingkungan kini menjadi isu global dan trend pembangunan di setiap daerah.( Merlyn )

Categories: Berita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *