Dalam rangka persiapan Pilkada Serentak Tahun 2020, Pemda Ngada mengadakan Rakor Persiapan Pilkada Serentak Tahun 2020 Tingkat Kabupaten Ngada, Selasa, 25 Februari 2020 bertempat di Aula Setda Ngada.

Para Peserta Rakor.

Rakor ini dilaksanakan sebagai penjabaran dari UU Nomor 10 Tahun 2016 tentang PILKADA Pasal 133A bahwa Pemerintah Daerah bertanggungjawab mengembangkan kehidupan demokrasi di Daerah, khususnya meningkatkan partisipasi masyarakat dalam menggunakan hak pilih. Rakor dimaksud dipimpin langsung oleh Bupati Ngada, Drs. Paulus Soliwoa yang dihadiri oleh Forkopimda, Pimpinan Perangkat Daerah Terkait, Ketua KPU, Bawaslu, Para Camat, Tokoh Masyarakat,Tokoh Agama dan Para Ketua Forum se Kabupaten Ngada.

Adapun tujuan rakor antara lain : menyamakan persepsi tentang peran dan fungsi Institusi pendukung dan penyelenggara dalam menyukseskan Pilkada tahun 2020, terdatanya permasalahan yang berpotensi terhadap gangguan keamanan, dan strategi mengatasi permasalahan.

Bupati Ngada, Drs. Paulus Soliwoa dalam arahan pembukaan Rakor mengharapkan agar seluruh komponen masyarakat wajib mempersiapkan hal-hal yang harus dilakukan terutama yang berdampak pada gangguan keamanan di saat pelaksanaan Pilkada serentak Tahun 2020.
Bupati Paulus juga meminta agar Dinas terkait yang akan terlibat dalam Pilkada serentak segera menyiapkan rencana kerja sesuai tugas yang dipercayakan dan mengidetifikasi berbagai potensi yang berdampak pada gangguan keamanan atau berpotensi konflik serta solusi yang akan dilakukan.
Khusus untuk Dinas Pendudukan dan Catatan Sipil agar menyajikan data penduudk yang akurat terutama penduduk yang akan menggunakan hak pilihnya.

Diakhir sambutan, Bupati Paulus meminta kepada seluruh ASN di Kabupaten Ngada agar netral dalam Pilkada serentak.

Selanjutnya, dalam dialog yang dipandu oleh Kepala Badan Kesbangpol-Linmas Kabupaten Ngada , Ir. Kila Maria Y. Veronika dan Sekda Ngada, Theodosius Yosefus Nono,S.Sos, para peserta Rakor diberi kesempatan untuk menyampaikan persiapan pelaksanaan Pilkada Serentak tahun 2020, informasi permasalahan yang berpotensi mengganggu pelaksanaan Pilkada Tahun 2020 di Kabuaten Ngada serta evaluasi permasalahan Pemilu/Pilkada sebelumnya. Rakor ditutup oleh Sekda Ngada. (Cc Moi Nitu Anastasia)

Categories: Berita

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terimakasih sudah mengunjungi website Kabupaten Ngada