Pelaksanaan kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Ngada Tahun 2019, dibuka secara resmi oleh Plt. Bupati Ngada Paulus Soliwoa, di Aula Jhon Thom – Bajawa, Selasa,2/04/2019.

Kegiatan Musrenbang tahun 2019

Dalam laporan panitia yang disampaikan Sekertaris BP-Litbang Ngada Wilibrodus Ngiso bahwa Pemerintah Daerah berkewajiban untuk menyusun dokumen perencanaan pemerintah daerah
sebagai satu kesatuan sistem perencanaan pembangunan nasional dalam rangka penyelenggaraan pemerintahan, sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 2
Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional dan UUndang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah. Salah satu dokumen perencanaan yang telah
disusun adalah Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD).

Secara substansi, RKPD memuat rancangan kerangka ekonomi daerah; prioritas pembangunan
daerah; rencana kerja, pendanaan dan prakiraan maju, baik yang dilaksanakan langsung oleh
pemerintah pusat maupun daerah ataupun yang ditempuh dengan mendorong partisipasi
masyarakat dan dunia usaha (UU, No, 25 tahun 2004). Secara umum dalam proses pembangunan, RKPD merupakan acuan bagi daerah dalam menyusun Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Plafon Prioritas Anggran Sementara (TPAS) dan selanjutnya KUA dan PPAS yang telah disepakati digunakan sebagai acuan dalam proses penyusunan Rancangan APBD.

Lebih lanjut, RKPD mempunyai kedudukan yang sangat strategis dalam penyelenggaraan
pemerintahan daerah karena beberapa pertimbangan diantaranya, RKPD merupakan dokumen yang secara substansial merupakan penjabaran dari visi, misi dan program kepala daerah yang ditetapkan dalam RMD kedalam program dan kegiatan pembangunan tahunan daerah.

RKPD Kabupaten Ngada tahun 2020 sama seperti RKPD tahun sebelumnya,telah menggunakan sistem aplikasi E-planning dan prosesnya melalui pelaksanaan Musrenbang RKPD tingkat Kabupaten Ngada. Selanjutnya, Pemerintah Kabupaten Ngada,telah menetapkan syatem informasi pemerintah terintegrasi,yang menjamin konsistensi antar proses perencanaan dan penganggaran.
Saat ini system penganggaran telah dilakukan secara elektronik atau e – budgeting dan pengelolaan keuangan melalui e – simda. Tahun 2020 direncanakan akan dilanjutkan dengan system pelaksanaan dan evaluasi terintegrasi.

Kegiatan Musrenbang RKPD ini dihadiri Perangkat Daerah,DPRD,Perwakilan Kecamatan,Kepala Desa dan Lurah, serta undangan lainnya.

Categories: Berita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *