Pemerintah Kabupaten Ngada melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Ngada menyelenggarakan kegiatan pengembangan dan penguatan kelompok pangan / kuliner, pendukung Pariwisata dan Kebudayaan Tahun 2019, bertempat di Hotel Virgo Bajawa, sejak Rabu, 06 November – 07 November 2019.

Para peserta pelatihan saat melakukan praktek kerja setelah mendengarkan arahan dari narasumber.

Kegiatan ini sendiri bertujuan untuk meningkatkan kapasitas kelompok pangan / kuliner dan sekaligus menghasilkan SDM yang terlatih dan mandiri dalam pengelolaan kuliner dengan menggunakan Pangan Lokal, yang unik dalam kemasan. Disamping itu produk kuliner yang dihasilkan juga harus memenuhi syarat standarisasi kesehatan makanan, serta selalu inovatif dalam pemanfaatan bahan baku yang ada di daerah tersebut baik bahan baku umum dan juga bahan baku lokal.

Pelatihan kuliner ini membahas tentang dasar-dasar kuliner dan praktek yaitu ; pembuatan Barbeque, bistik sapi, babi guling, ikan pepes, RW Minahasa, RW Bajawa, ayam bakar, bubur manado, sate babi ala Bajawa, ayam krispi, ayam goreng lengkuas, ayam goreng mentega, opor ayam, salad sayur, aneka jajan dari pisang dan aneka minuman.

Kegiatan ini diikuti oleh peserta yang berasal dari utusan berbagai kelompok kuliner dan kelompok sadar wisata di Kabupaten Ngada yang berjumlah 60 orang.

Hasil olahan berbagai masakan dalam kegiatan pengembangan dan penguatan kelompok pangan / kuliner.

Dalam laporan panitia yang di sampaikan oleh Benediktus K. Rato, S. Sos, M. Si, selaku Kepala Bidang Kelembagaan dan Ekonomi Kreatif menyampaikan bahwa SDM dan Industri Pariwisata mempunyai peran penting dalam bidang usaha kuliner, baik kuliner umum maupun dengan menggunakan bahan lokal, yang mana harus memiliki pengetahuan dan skill, guna meningkatkan produk kuliner yang dihasilkan serta memiliki ciri khas Nusantara.

Narasumber pada kegiatan ini diantaranya; P. Therebius Gurung, SVD, Leire A. Lasut, serta pendamping lokal yaitu Paulina Paku, A. Md, Maria Yovila Venancia Mole Tay, Benediktus Kenge Rato dan Viktor Amatus Kila.

Harapan narasumber untuk hasil dari kegiatan tersebut adalah dapat menjadikan para peserta pelatihan menjadi entrepreneur yang sukses di bidang kuliner di wilayah destinasi untuk mendukung Pariwisata dan Kebudayaan.

Categories: Berita

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terimakasih sudah mengunjungi website Kabupaten Ngada