Sekda Ngada Theodosius Yos. Nono

Guna mengisi beberapa jabatan yang lowong, Pemerintah Kabupaten Ngada berdasarkan Undang-Undang Nomor 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara, yang dijabarkan melalui Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil, akan melakukan seleksi terbuka untuk pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama di Lingkup Pemkab Ngada. Seleksi ini akan diikuti oleh Pegawai Negeri Sipil yang memenuhi persyaratan sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Sekretaris Daerah Ngada Theodosius Yos. Nono, yang juga sebagai Ketua Panitia Seleksi, ketika dikonfirmasi reporter Website Ngada di ruang kerjanya, Jumad 8 Nopember 2019, membenarkan hal tersebut. Beliau menjelaskan bahwa lelang jabatan ini dilakukan secara terbuka, bagi ASN Ngada maupun ASN dari kabupaten lain dalam wilayah NTT, yang memenuhi ketentuan dan persyaratan. Tahapan seleksi akan diawali dengan seleksi administrasi termasuk penelusuran rekam jejak, tes tertulis, seleksi kompetensi berupa wawancara dan presentasi makalah.

“ Nanti saat seleksi, kita libatkan tim assesor serta panitia seleksi. Untuk Pansel  itu ada yang dari akademisi, birokrat, juga tokoh masyarakat yang punya kemampuan dan pengalaman. Saya tegaskan bahwa pansel hanya sebagai alat seleksi, dengan semua aspek penilaian, yang nantinya akan jadi bahan  pertimbangan,” jelas Sekda Ngada, yang juga sebagai Ketua Panitia Seleksi.

“ Saya berharap, semua ASN yang memenuhi persyaratan, ikut seleksi ini. Tunjukan kemampuan juga kualitas kita sebagai ASN. Aspek penting yang dinilai itu seperti perilaku, kepemimpinan, kemampuan menyampaikan ide gagasan sesuai jabatan yang dilamar,pemikiran yang membangun dan terstruktur, itu yang dibutuhkan, tegas Sekda Ngada.

Lanjutnya “ Saya juga berharap setiap jabatan yang dilelang, ada lebih dari tiga pelamar, sehingga ada kompetisi dan pembanding. Kalau pelamar belum memenuhi jumlah yang diharapkan, nanti kita lakukan perpanjangan pendaftaran.

Adapun Jabatan Tinggi Pratama yang akan diisi melalui seleksi terbuka yakni Asisten Pemerintah  yang akan lowong karena memasuki masa pensiun pada 1 Februari 2020, Sekretaris DPRD Ngada yang lowong  TMT 1 Februari 2020, Staf Ahli Bupati Ngada Bidang Kemasyarakatan, Sumber Daya Manusia dan Penelitian Pengembangan  yang lowong sejak tahun 2018, Jabatan Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten  Ngada yang lowong karena pembentukan perangkat daerah baru, berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Ngada  Nomor 6 Tahun 2018 serta jabatan Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Ngada ( lowong TMT pada 1 Oktober 2019).

Kantor Bupati Ngada

Jabatan lainnya yang akan diseleksi adalah Kepala Badan Kesatuan Bangsa, Politik dan Perlindungan Masyarakat Kabupaten Ngada yang lowong TMT sejak 1 Oktober 2019, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang yang TMT 1 November 2020 serta Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Ngada yang lowong karena masa pensiun 1 Juni 2020 mendatang.

Sementara itu, Kepala Bidang Mutasi dan Kepegawaian pada BK-Diklat Ngada Aleksandrinus Rabha yang didampingi oleh Kepala Seksi Mutasi dan Informasi Kepegawaian, Krispianus Rewo meuturkan bahwa sejumlah persyaratan yang akan dilengkapi oleh para pendaftar diantaranya memiliki kompetensi teknis dan manajerial, tidak pernah dijatuhi hukuman disiplin dan berusia maksimal 56 tahun saat dilantik. Pendaftaran dilaksanakan pada Kantor BK-Diklat Ngada, yang telah dibuka sejak 28 Oktober hingga 8 November 2019.

Kabid Mutasi BK-Diklat Ngada Aleksandrinus Rabha

Saat ini beberapa pelamar sudah mendaftar dan memenuhi berkas persyaratan di kantor BK-Diklat Ngada. Panitia seleksi Kabupaten berkoordinasi dengann Tim Assesor dari BKD Provinsi, guna persiapan dan pelaksanaan seleksi. Untuk Pansel atau Panitia seleksi akan melibatkan internal BK-Diklat Ngada, dengan tim penguji terdiri dari Birokrat, Kalangan Profesional dan Akademisi. Jadwal atau tahapan seleksi akan menyesuaikan dengan jadwal tim assessor yang juga masih melakukan seleksi yang sama, di kabupaten lain.

Categories: Berita

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terimakasih sudah mengunjungi website Kabupaten Ngada