PENANAMAN PERDANA ANGGUR DI LENGKOSAMBI

Published by Administrator on

Bupati Ngada, Marianus Sae didampingi sejumlah Pimpinan Perangkat Daerah Kabupaten Ngada, melakukan penanaman anggur secara simbolis di lahan milik empat kelompok tani anggur, di wilayah Lengkosambi, Kecamatan Riung. Penanaman perdana ini menandai telah dibukanya kegiatan penanaman anggur oleh Kelompok Tani Karya Baru, Kelompok Tani Ada Rasa, Star Wine dan Kelompok Tani Sejati. Setiap kelompok tani yang ada beranggotakan 15 sampai 20 orang dengan luas lahan per kelompok sebesar satu hektar.

Sebelumnya Rombongan Bupati Ngada tiba di Kantor Desa Lengkosambi Timur sekitar pukul 15 Wita, dengan mengendarai sepeda motor trail bersama komunitas selanjutnya Rombongan Bupati diterima secara adat oleh masyarakat setempat ditandai dengan sapaan adat dan pengalungan selendang tradisional.

Dalam sambutannya pada kegiatan penanaman anggur tersebut, Bupati Ngada, Marianus Sae menyampaikan bahwa kegiatan penanaman anggur ini bertujuan mulia  untuk kepentingan dan kesejahteraan masyarakat. Kegiatan yang merupakan bagian dari Program Perak Simpatik ini dikembangkan di wilayah Lengkosambi mengingat kondisi tanah dan iklim di wilayah tersebut yang sangat cocok untuk membudidayakan tanaman anggur. Bupati berharap agar kegiatan perdana di Tahun Anggaran 2017 ini dimanfaatkan secara baik oleh masyarakat karena apapun program yang sudah digulirkan pemerintah apabila tidak ditanggapi secara baik oleh masyarakat, maka hasilnya akan sia-sia.

Bupati Ngada menambahkan bahwa selain tanaman anggur yang cocok dengan kontur tanah di wilayah Lengkosambi, kedepannya pemerintah juga akan menaruh perhatian pada pengembangan tanaman bidara yang juga berdampak baik terhadap perekonomian masyarakat setempat. tanaman anggur dan bidara sangat cocok dikembangkan di daerah bercurah hujan rendah seperti di Riung pada umumnya dan Lengkosambi pada khususnya.

Seusai memberikan sambutan, Bupati Ngada bersama rombongan langsung menuju ke lokasi  dan langsung melakukan anggur secara perdana di empat lokasi yang telah disiapkan oleh para kelompok tani.

( / merlyn iju lalu )

Categories: Berita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *