PENDIDIKAN MEMBEKALI MANUSIA MEMILIKI KOMPETENSI DAN MAMPU BERSAING

Published by Administrator on

Soa – Pendidikan  dapat membekali manusia menjadi pribadi yang memiliki kompetensi, dan mampu bersaing dalam menghadapi  berbagai persoalan hidup. Karena itu, pendidikan mutlak diperlukan dan haruslah menjadi investasi  hidup setiap orang. Hal ini disampaikan oleh Bupati Ngada, Marianus Sae pada acara Deklarasi Pendidikan Yayasan Pandu Abdi Rakyat Cabang Soa, dan Pendirian Sekolah Menengah Kejuruan Swasta Bangun Mandiri I Soa belum lama ini di Kecamatan Soa.

Keberhasilan pendidikan sangat ditentukan oleh kerja sama dan keterlibatan berbagai komponen, termasuk lembaga swasta. Pihak swasta perlu mengambil peran dalam mewujudkan pendidikan yang lebih berkualitas. Beliau juga mengakui, bahwa peran pihak swasta dalam memajukan pendidikan di Ngada sudah terbukti membawa keberhasilan yang luar biasa. Melalui sejumlah Yayasan Pendidikan,  boleh memetik hasil yang luar biasa bagi pembangunan bidang pendidikan di daerah ini.

Menurut Bupati Ngada bahwa kegiatan Sekolah ,Menengah Kejuruan Swasta Bangun Mandiri Soa ini menunjukan bahwa pihak swasta kembali menaruh peran yang luar biasa dalam memajukan pendidikan di daerah Ngada. Kehadiran Yayasan Pandu Abdi Rakyat Cabang Soa dengan Pendirian SMK Bangun Mandiri I Soa ingin membuktikan kepada masyarakat Ngada bahwa semua komponen yayasan tersebut sangat peduli terhadap persoalan pendidikan di wilayah Ngada. Oleh karena itu, Bupati Marianus  memberikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi – tingginya terhadap berbagai upaya yang dilakukan oleh yayasan.

Lebih lanjut Beliau menjelaskan pemerintah sangat menyadari, bahwa dengan semakin bertambahnya lembaga – lembaga pendidikan termasuk yang diprakarsai dan didirikan oleh pihak swasta, tentu akan berdampak pada peningkatkan derajat pendidikan masyarakat dan kualitas Sumber Daya Manusia. Dengan kualitas pendidikan yang baik, akan berdampak pula pada peningkatan kualitas hidup masyarakat itu sendiri yang menjadi cita-cita dan harapan  bersama.

Bupati Ngada, Marianus Sae selaku  Pemerintah Kabupaten Ngada, menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada para pendiri dan  pendidik, serta seluruh Keluarga besar Yayasan Pandu Abdi Rakyat Cabang Soa, yang menjadi pelopor pendirian SMK Bangun Mandiri I Soa. Terima kasih juga disampaikan  kepada seluruh komunitas pendidikan di lembaga ini yang telah berpartisipasi dan terlibat secara aktif, dalam memajukan dunia pendidikan di daerah ini.  Dalam konteks pembangunan manusia, diharapkan   kedepannya, SMK Bangun Mandiri I Soa dapat terus maju dan berkembang serta mampu menciptakan output anak didik yang berkualitas, yang nantinya mampu menghasilkan tenaga yang siap pakai dan siap kerja dalam pengabdian kepada masyarakat

Bupati Ngada juga  mengajak komponen masyarakat  untuk mengedepankan persatuan dan kesatuan dan hidup rukun damai. Dan  berharap, peristiwa  ini dapat melahirkan komitmen yang kuat dan partisipasi aktif dari seluruh masyarakat Ngada, khususnya masyarakat di Kecamatan Soa bagi upaya mewujudkan masyarakat Ngada yang beriman, maju, unggul, mandiri dan sejahtera melalui dunia pendidikan.

Di akhir sambutannya, Marianus Sae atas nama Pemerintah Kabupaten Ngada, menyampaikan proficiat dan selamat atas dideklarasikannya Yayasan Pandu Abdi Rakyat Soa dan berdirinya SMK Bangun Mandiri I Soa kepada seluruh komunitas lembaga ini. Semoga kehadiran Yayasan dan SMK ini, mampu mencerdaskan anak bangsa di daerah ini, dan melahirkan tenaga – tenaga kerja yang professional.

( /merlyn iju lalu)

Categories: Berita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *